MENU
icon label
image label
blacklogo

Alfa Romeo Ucapkan Selamat Tinggal pada F1 GP Abu Dhabi Akhir Pekan Ini

NOV 26, 2023@14:30 WIB | 232 Views

Alfa Romeo berpisah dengan Grup Sauber pada akhir musim Formula Satu 2023. Artinya, akhir pekan ini akan menandai hari terakhirnya sebagai sponsor utama tim penuh waktu, menjadikan Grand Prix Abu Dhabi lebih bermakna dari biasanya bagi tim.

"Final musim selalu menjadi momen spesial," tulis tim Grup Sauber dalam sebuah pernyataan. "Akhir musim di Abu Dhabi adalah saat kami mengucapkan selamat tinggal kepada mitra kami di Alfa Romeo setelah enam tahun yang menyenangkan bersama," lanjutnya.

Produsen mobil Italia ini menjadi sponsor utama untuk masuknya tim asal Swiss tersebut ke F1 pada tahun 2017. Pada saat itu, pembalap terkenal seperti Charles Leclerc, Marcus Ericsson, Antonio Giovinazzi, Kimi Räikkönen, Zhou Guanyu dan Valtteri Bottas telah berjuang untuk mendapatkan poin dengan tim lini tengah.

Kini, kedua perusahaan akan berpisah, meninggalkan Sauber untuk menjadi tim pabrikan F1 Audi, mulai tahun 2026. Tim balap bersejarah tersebut mengatakan bahwa mereka tidak akan mengambil alih merek pabrikan mobil Jerman tersebut pada tahun 2024 atau 2025.

"Secara komersial, penting untuk melakukan ledakan besar pada tahun 2026, bukan untuk melemahkan keterlibatan Audi dengan tim. Jadi, kami akan terus melanjutkan nama Sauber, berdasarkan warisan grup." kata seorang juru bicara kepada Autosport tersebut.

Tim tersebut mungkin akan mendapatkan merek lain untuk dijadikan sponsor utama, namun mengatakan pihaknya tidak akan mengungkapkan rencananya hingga 10 Desember, ketika FIA menerbitkan daftar peserta Formula Satu untuk musim balap 2024.

Rumor menyebutkan bahwa Alfa Romeo juga sedang mencari tim lain untuk didukung, dengan Haas diperkirakan sebagai kandidat karena powertrain Ferrari-nya. Bukti rencana itu kemungkinan besar akan dirahasiakan hingga daftar peserta tahun 2024 diumumkan.

Namun, untuk saat ini, Sauber akan bersama-sama mengakhiri kemitraan mereka secara damai. Pada Grand Prix Abu Dhabi akhir pekan ini, mobil balap tim akan dihiasi nomor enam, untuk merayakan tahun kerja sama mereka. Selain itu, tulisan "Alfa Romeo nei nostri cuori" (Alfa Romeo, selalu ada di hati kita) akan muncul di mobil sebagai ucapan selamat tinggal terakhir.

"Bagi Alfa Romeo, petualangan F1 ini mewakili pertunjukan internasional di level tertinggi, serta pengalaman kemanusiaan dan olahraga yang mendalam," kata CEO Alfa Romeo, Jean-Philippe Imparato. "Alfa Romeo memiliki DNA persaingan dan akan kembali untuk menggemparkan para penggemarnya sesegera mungkin, ketika kondisinya tepat." pungkasnya. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
alfa romeo,
#
f1