MENU
icon label
image label
blacklogo

Adu Cepat Porsche Macan Turbo dan BMW X4 M40i

JAN 18, 2021@10:00 WIB | 176 Views

Adalah fakta bahwa SUV tercipta sebagai kendaraan yang mampu melesat cepat, berkat tenaga dari mesin yang tersimpan dibalik kap. Baru-baru ini, terdapat dua model Jerman dengan ukuran yang lebih kecil sedang adu cepat, yakni BMW X4 M40i dan Porsche Macan Turbo.

Lantas, mampukah BMW X4 M40i mengalahkan Porsche Macan Turbo di garis lurus? Untuk Anda yang menantikan jawaban atas pertanyaan tersebut, ini sudah terjawab oleh Pilot Tseno lewat video di saluran YouTube miliknya. Mereka menghadirkan dua SUV sporty tersebut di untuk adu cepat sejauh dua perempat mil.

Kedua kendaraan tersebut adalah model tahun 2018 dengan menggunakan ban musim dingin. Ini terbilang pas, mengingat suhu udara saat balapan adalah 3 derajat Celcius.

Di atas kertas, perlombaan cukup condong ke salah satu pesaing. Macan Turbo dari Porsche unggul dalam hal tenaga, dengan mesin bensin V6 3.6 liter twin-turbo yang menghasilkan 434 tenaga kuda dan torsi 600 Nm.

Dibutuhkan 4,4 detik untuk mobil mencapai 100 km/jam, dengan kecepatan maksimal 272 km/jam. Dari segi fisik, ini memang sedikit lebih berat karena bobotnya mencapai 100 kg.

Di sisi lain, Adapun BMW X4 M40i membawa mesin 3.6 liter turbocharged untuk bertarung, tetapi unit in-line hanya mengembangkan 355 tenaga kuda dan torsi 500 Nm, yang membuatnya harus mengalah pada Porsche Macan Turbo.

Namun berkat tahap 1, outputnya kemudian diidorong menjadi 410 tenaga kuda, sehingga memperkecil jarak dengan Porsche. Untuk mencapai 100 km/jam, BMW ini membutuhkan waktu 4,8 detik.

Meski spesifikasinya tampak di bawah Porsche, namun BMW X4 M40i berhasil mengakhiri balapan dengan kemenangan. Ini bukan pertama kalinya BMW memenangkan balapan dari posisi underdog. Kedua mobil diketahui sama-sama menghabiskan setengah tangki bahan bakar dalam perlombaan.

Kendati demikian, adu cepat ini tak hanya diikuti oleh BMW X4 M40i dan Porsche Macan Turbo saja. Pasalnya Porsche 911 GT3 RS juga muncul dalam balapan dan keluar sebagai pemenang dengan hasil signifikan. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
porsche macan turbo,
#
bmw x4 m40i,
#
suv