MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Perbedaan Tampilan Luar Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport 2016

MAR 16, 2016@10:15 WIB | 21,029 Views

Datangnya dua Sport Utility Vehicle (SUV) dari pabrikan Jepang yang berbeda, yakni Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport, tak dipungkiri memang menjadi pembicaraan seru bagi pemerhati otomotif terutama penggilan SUV. Dua SUV ini memang diluncurkan dalam banyak pilihan dan perbedaan harga yang menentukan masing-masing kelengkapan fitur dan performa mesin yang ditawarkan.

Kali ini kami coba membedah tiga perbedaan yang mencolok dari Fortuner 2.4 VRZ vs Pajero Sport Dakar, dengan tipe yang sama yakni 4x2. Kedua tipe ini berada dikisaran harga yang memiiki selisih tak jauh beda sekira Rp. 2 jutaan. Bicara dari sektor luarnya saja dulu, ada bentuk bodi, headlamp hingga sektor roda. 

Soal bentuk bodi, secara umum Toyota Fortuner memiliki desain yang cukup aman untuk disukai masyarakat. Namun, dapat dipastikan menurut kami terjadi pergeseran desain muka Toyota All New Fortuner dari generasi sebelumnya. Jika generasi sebelumnya berkesan tangguh dan berotot, kini Toyota All New Fortuner tampil dengan bentuk muka lebih lancip, bentuk headlamp meruncing disertai garis chrome di sisi dalam bersebelahan dengan grill, menguatkan kesan mewah dan futuristik. Desain rumah fog lamp kini berbentuk vertikal tak menyamping seperti generasi sebelumnya. Sementara rivalnya, Mitsubishi All New Pajero Sport boleh dikatakan memiliki model desain yang tak jauh berbeda. Kesan mewah juga ada berkat komposisi chrome, bedanya Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar memiliki unsur chrome yang lebih banyak di tampilan muka.

Beranjak ke bagian belakang. Di sini nampak sekali Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar bermain dengan desain baru, yang berkesan biasa sebenarnya untuk bentuk dan model pintunya. Cuma Mitsubishi membekali dengan bentuk lampu yang sedikit aneh jika dilihat mata. Melebar hingga ke bagian samping, dan menurun seperti air jatuh hingga berbenturan dengan sisi atas bumper belakangnya. Nah Autolovers, Toyota All New Fortuner kembali lagi masih menggunakan bentuk lampu yang aman. Karena itulah bentuk belakangnya masih enak dipandang. Perubahan pada lampu belakang tak seekstrim Mitsubishi All New Pajero Sport.

Untuk lampu, Toyota All New Fortuner 2.4 VRZ 4x2 menggunakan Bi-LED, sementara Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4x2 menggunakan mode lampu LED. Mitsubishi boleh menang soal lampun, berkat Dynamic Shield yakni headlamp yang dilengkapi dengan day running light (DRL) pada tampilan depannya, beruntunglah si All New Pajero Sport Dakar ini, karena bisa membatu mukanya menjadi lebih eye catchy. Lagipula, ada juga pembersih kaca headlamp, semetara Toyota  All New Fortuner 2.4 VRZ 4x2 tidak ada. 

Kami masih menghadirkan perbedaan di sisi luar. Yakni perangkat pengereman di belakang velg R18 yang semuanya menggunakan two tone color. Mitsubishi boleh berbangga di bagian ini, pasalnya, untuk pengereman bagian belakang Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar sudah mengadopsi rem cakram, sedangkan menurut pengamatan kami, Toyota All New Fortuner masih pakai tromol, disemua tipe Toyota All New Fortuner. 

Soal suspensi Toyota Fortuner mengadopsi 4-Link sementara Mistubishi Pajero Sport hanya 3-link. Suspensi 4-Link memiliki kinerja posisi axle dan beban suspensi dilakukan secara terpisah. Praktis Toyota All New Fortuner memiliki kenyamanan yang lebih baik ketimbang Mitsubishi All New Pajero Sport. 

Nah Autolovers, itulah sedikit perbedaan yang ada pada tampilan luar Toyota All New Fortuner 2.4 VRZ 4x2 dan Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4x2. Boleh jadi perbedaan beberapa bentuk dan wujud tampilan luar ini bisa menjadi pertimbangan dari sisi harga jual yang sama-sama berada dikisaran Rp. 494 - Rp. 496 jutaan. Masih penasaran dengan perbedaan duet maut SUV beda pabrikan dari Jepang ini? Tunggu edisi yang lain. [nus/timBX]
 

Tags :

#
mitsubishi all new pajero sport 2016,
#
toyota all new fortuner,
#
sport utility vehicle,
#
suv