MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Konsep Mobil Listrik Pintar Toyota di Jenewa

MAR 12, 2018@14:00 WIB | 282 Views

Sebagai pelopor kendaraan efisien, Toyota tidak bisa datang ke Geneva International Motor Show (GIMS) hanya dengan mobil yang lama, tanpa membawa konsep mobil cerdas dengan emisi yang 0%.Toyota tidak hanya memperkenalkan satu kendaraan saja, tapi tiga kendaraan sekaligus.

Yang pertama adalah concept-i, seperti mobil biasa, kemudian concept-iRide hingga concept-iWalk, yaitu semacam skuter yang ditujukan untuk pejalan kaki. iWalk menggunakan tiga roda, dengan roda depan yang memanjang dengan roda depan yang panjang dan dapat memacu kecepatan lebih tinggi. Bahkan, konsep Toyota ini memiliki keamanan elektronik yang membantu pengguna menghindari rintangan, ditambah jarak tempuh hingga 20 km.

Jika ingin yang sedikit lebih besar, Toyota menghadirkan iRide. Konsep ini mirip Smart for two, milik anak perusahaan Mercedes Benz. Kendaraan ini mampu melaju sejauh 100 hingga 150 km untuk sekali pengisian baterai.Sedangkan untuk kendaraan lebih besar dan paling mengesankan adalah concept-i asli, yang pertama kali diperkenalkan Toyota di CES di Las Vegas, Januari lalu.

Dirancang di pusat penelitian CALTY, pusat penelitian pembuatan mobil di California, concept-i dimaksudkan untuk mengantisipasi keinginan penumpang, sehingga dapat menunjang aktivitas mereka sehari-hari. Mobil ini bisa digerakkan secara manual maupun otonom. Sedangkan sistem “AI” atau dijuluki “Yui”,yang tertanam dalam mobil konsep ini membantu pengemudi dengan mengawasi kinerja kendaraan secara keseluruhan.

Ternyata Yui, sistem cerdas dalam mobil ini mampu berinteraksi dengan pengemudi dengan menggunakan lampu, suara bahkan sentuhan dari pengemudi. Sistem ini juga memperingatkan pengemudi bila ada bahaya, sehingga pengemudi tetap aman.[pram/timbx]

Tags :

#
auto news,
#
smart car,
#
toyota