MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Kawasaki Ninja 150 RR, Racing Bike

OCT 06, 2016@12:00 WIB | 21,994 Views

Bagi Andri Irwan selaku punggawa Chemonk Modified untuk meracik motor bergaya racing mungkin sudah diluar otak atau bisa dibilang sangat mudah. Bagaimana tidak, pria yang akrab disapa Chemonk ini sudah menyukai dunia balap sejak dirinya masih remaja. Jadi untuk membuat motor berkonsep racing bukanya hal yang susah baginya. Seperti motor Kawasaki Ninja 150 RR yang baru saja ia selesaikan oleh pria bertubuh jangkung ini.

Chemonk menjelaskan ditangan dia Kawasaki Ninja 150 RR satu ini tidak lagi ada yang menempel barang standar. Motor yang baru ia bentuk ini full dengan racing.

"Sesuai dengan konsepnya racing bike jadi tidak ada lagi yang menempel barang standar," tutur Andri.

Chemonk yang memiliki bengkel di jalan Kebayoran Lama, Jl Assirot No.2A RT 09/03 Sukabumi Selatan, Kebayoran Lama 11560, Jakarta Barat ini kembali mengatakan, kemungkinan barang yang standar ada pada posisi mesin dan kerangka atau sasis saja. Tapi kini mesin tersebut sudah di bore-up oleh Chemonk untuk menunjang performa.

Yang paling unik pada motor Kawasaki Ninja RR 150 ini, kata Andri, berada pada posisi bagian velg. Dimana velg menggunakan merk Marchesini copotan dari Honda 125 Gp atau yang dikenal sebagai Moto3. Selain itu Swing arm juga menggunakan Moriwaki yang diambil dari Moto3.

"Jadi di motor ini terdapat triple three dimana semua komponen ini digunakan oleh motor balapan motor racing Moto3. Jadi semua balapan pasti menggunakan itu, soalnya komponen tersebut dibuat dari bahan stainless agar lebih ringan, namun dibua bentuk agar lebih pressisi," lanjut dia.

Kemudian dibagian segitiga dibuat semaksimal mungkin agar jaraknya lebih dari pada standar. Karena setang ini memiliki lebar sekitar 20 cm, tujuannya kalau di diajak ngebut lebih stabil. Disamping itu  Chemonk juga mencangkokan stabiliser Ohlins supaya saat di geber dengan kecepatan tinggi agar tidak goyang.

Melangkah dibagian body, semua bagian mulai dari fairing, tangki dan sampai bagian belakang Andri buat sendiri atau custom. "Kenapa gue buat motor ini bergaya racing? terlihat dari lampu depan Gua ambil dari Ducati 1098, karena menurut Andri, body dan lampu yang cukup kecil jadi bisa menyesuaikan. Jadi motor ini memang gua buat dengan konsep Racing bike," kata Andri.

Ketika ditanya dibagian mana yang mengalami kesulitan, dengan santai Andri menjawab, hanya dibagian swing arm, kenapa karena kita memakai sistem dari Honda 125 GP. Jadi Kita harus bisa menyesuaikan cara kerja suspensi sesuai dengan aslinya.

"Gue memasang swing arm ini sampai dua kali, kalau untuk mencari center-nya sudah ketemu, tapi untuk mencari kinerja suspensinya agar lebih normal itu yang susah, dan gue harus bongkar lagi. Namun dengan rasa penasaran akhirnya motor ini mendapatkkan presisinya dan normal diajak jalan," tutupnya.

Lebih jauh Andri menjelaskna, motor ini ia buat untuk mengikuti ajang kontes modifikasi di tanah air. Bahkan Kawasaki Ninja 150 RR ini mendapatkan Runner up di ajang Bursa Motor yang digelar di Senayan, Jakarta. Untuk meracik motor dengan konsep racing bike ini Andri mengaku sudah menghabiskan dana sekitar Rp 100 juta. [ddy/timBX]  

Tags :

#
modifikasi kawasaki ninja 150 rr racing bike,
#
modifikasi kawasaki ninja 150 rr,
#
modifikasi kawasaki ninja 150,
#
modifikasi kawasaki ninja,
#
modifikasi kawasaki,
#
modifikasi,
#
kawasaki ninja 150 rr