MENU
icon label
image label
blacklogo

Suksesor BlackAuto DynoTest Kembali Hadir

OCT 05, 2019@17:45 WIB | 142 Views

Demi mencari jawara dalam BlackAuto DynoTest di BlackAuto Battle Jakarta kali ini, Mr Todd Lewis, pakar dan ahli dynotest ternama dari Australia turut hadir sebagai juri dan tim penguji mobil yang ikut dalam BlackAuto DynoTest. Disela-sela kesibukannya dalam menguji mobil, tim berkesempatan mewawancarai penggemar mobil keluaran Honda ini. Mr Todd Lewis merupakan salah satu director di Mainline Dynolog Australia.

“Jadi, kita membuat Dynamometers untuk pabrikan otomotif atau bengkel, dan menjualnya ke seluruh negara. Selain itu saya juga aktif dalam memperkenalkan Dynamometers ini, dan melatih para calon operator bagaimana menggunakan alat ini,” kata Mr Lewis dalam membuka obrolan.

Dalam BlackAuto Battle ini pula dirinya didapuk menjadi juri DynoTest bersama para asistennya, dan turun langusng menguji coba mobil-mobil yang berkompetisi hingga minggu besok (6/10) bersama kru nya.

Bertanya mengenai era dyno, sebenarnya sudah ada ratusan tahun lalu sejak kemunculan kendaraan bermesin. Namun, populernya ketika komputer hadir, dan juga dapat bersanding dengan alat-alat dyno (software). Di Australia sendiri, dynotest sudah popular sejak 30 tahun lalu.

“Dyno sudah ada ratusan tahun, dan populernya sejak ditemukannya komputer, dan aplikasi atau software yang mendukung dynotest,” lanjutnya.

Mainline Dynolog merupakan perusahan yang memproduksi alat dyno yaitu Dynamometer, software, dan paket system kontroler. Selain itu, sudah ada beberapa pihak yang menguji coba mesin kendaraanya  dengan dynometers milik Mainline Dynolog, bahkan ada yang mencatatkan hingga 5200 Hp.

“Saya sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia ini, dan semakin kesini banyak modifikator semakin handal. Dan mengejutkan saya bahkan di Indonesia sendiri banyak orang yang rela memodifikasi mesin, hingga menghabiskan banyak biaya. Itu mengejutkan saya,”Ucap Mr. Lewis.

Mengenai Honda Estilo tahun 1995 yang ikut dalam kelas N/A, menurut lelaki berkacamata ini tenaganya yang tinggi tersebut sangat mengejutkan dirinya, bagaimana mobil setua itu bisa mencapai 236,2 Hp.

“Honda Estilo sangat mengejutkan saya karena mampu mencapai 236,2 Hp. Tentunya semakin kesini, modifikasi juga semakin baik ya terutama sektor mesin, karena part-partnya juga semakin maju,” lanjut Mr Lewis.

Sedikit tips dari Mr Todd Lewis bagaimana memodifikasi tenaga mobil. Untuk mobil keluaran terbaru katanya, dapat melakukan tuning dengan remapping ECU/modifikasi ECU. Selain itu, untuk mobil keluaran lama, bisa saja mengganti ECU yang baru, ditambah dengan part aftermarket khusus mesin.

“Just do the research! Dan lakukan apa yang kamu inginkan. Apa yang terjadi, terjadilah. Saya tentunnya sangat senang dengan mobil yang ikut pertandingan kali ini, karena itulah mengapa saya kesini. Saya ingin melihat mobil-mobil dengan kecakapan modifikasi mesinnya, bagaimana memacu di atas dynamometer,” tutup Mr Todd Lewis.[prm/timBX]

Tags :

#
auto battle,
#
blackauto battle,
#
mr todd lewis,
#
suksesor,
#
blackauto dynotest,
#
mainline dynolog