MENU
icon label
image label
blacklogo

Taklukan Sirkuit Offroad dengan Sur-ron Electric Dirt Bike | GamesRoom - S2 • E4

DEC 01, 2021@10:00 WIB | 803 Views

Di episode GamesRoom kali ini, tim BlackXperience ingin menjajal sebuah hobi yang menarik dan cukup menantang yaitu dirt bike. Namun berbeda dengan dirtbike pada umumnya, dirtbike yang kita gunakan adalah electric dirt bike. Bersama komunitas Sur-ron Indonesia Community, tim BlackXperience akan mengupas banyak hal mengenai dirt bike khususnya dirt bike Sur-ron, hingga nantinya mencoba langsung riding.

Bertempat di Icon MX, sirkuit motor cross di daerah BSD, tim BlackXperience akan berbincang dengan komunitas Sur-ron Indonesia, mengenal komunitasnya, aktivitasnya serta ngobrol langsung dengan atlet dirt bike Sur-ron yang akan memberikan tips bagaimana riding electric dirt bike yang pasti berbeda dengan motor konvensional.

Berbicara mengenai Sur-ron sendiri menurut Qemil Faraby selaku perwakilan Sur-ron Indonesia Community, kendaraan ini masuk dalam kategori electric bike alias sepeda listrik dengan tipe dirt alias dapat digunakan untuk aktivitas off-road. “Iya Sur-ron ini masuk kategori ebike tapi kelas dirt bike, walaupun bentuknya seperti motor, sebenarnya ia ada gowesannya tapi kita lepas soalnya kita mainnya di tanah.” ucap Qemil.

Sedangkan secara komunitas, Sur-ron Indonesia Community sendiri berdiri sejak tahun 2019 dengan member saat ini mencapai sekitar 30 orang. Untuk kegiatannya, minimal satu bulan sekali mereka bermain bersama di berbagai trek “Ya kadang seminggu sekali kadang sebulan sekali dan kita sering mainnya di BSD, kebetulan kita punya trek sendiri di Icon MX.” lanjutnya.

Sur-ron Indonesia Community sendiri hingga kini belum menyelenggarakan kejuaraan yang profesional, namun menurut Qemil pihaknya sendiri telah mengadakan aktifitas fun race. “Semua user Sur-ron kita kumpulin, kita bikin fun race di situ, tapi untuk kejuaraan inti kita belum bikin, tapi nanti kalau mungkin udah banyak usernya, kita bikin kejuaraanya.” 

Perbedaan ebike Sur-ron dengan ebike pada umumnya tentu terlihat dari posturnya yang lebih mirip motor trail dengan ground clearance tinggi, riding position tinggi dan tentu saja ban medan berat. Sedangkan untuk spesifikasinya, menurut Qemil, sepeda listrik ini dilengkapi baterai berkapasitas lebih besar dan torsi lebih galak dari ebike pada umumnya.

“Selain postur, baterai kapasitas besar, torsi lebih tinggi juga merupakan hal yang membedakan Sur-ron dengan motor atau sepeda listrik lainnya. Sedangkan untuk kecepatan maksimal, ebike ini bisa mencapai 50 kpj dalam mode EP dan 80 kpj dalam mode sport.” Ungkapnya.

Tapi kecepatan dan torsi ini masih bisa di-upgrade dengan mengganti komponen controller bahkan hingga 120 kpj ke atas. Melihat kecepatan dan torsi yang instan, sesungguhnya Sur-ron ini belum mengantungi ijin resmi untuk turun di jalanan, walau dari segi unit, sudah ada tipe Sur-ron yang dilengkapi aksesori layaknya motor road legal. 

Karena terbilang cukup galak di torsi, Andre selaku atlet Sur-ron Indonesia memberikan tips cara mudah menguasai electric dirt bike ini. “Pertama, kita harus hati-hati bermain gas, menjaga keseimbangan, pokonya sering latihan pasti nanti dapat feel-nya.” Tutup Andre. [leo/timBX]

Tags :

#
gamesroom,
#
sur-ron,
#
electric bike,
#
dirt bike,
#
electric dirt bike