MENU
icon label
image label
blacklogo

Seri “Paranomal” Tandai Debut Serial Arab di Netflix

NOV 09, 2020@16:00 WIB | 277 Views

Setelah terjun dalam produksi film Timur Tengah, Netflix kini merilis film Arab paling ambisius hingga saat ini, berjudul Paranormal. Film yang mendarat di Netflix pada Kamis (5/11/20) tersebut merupakan karya sutradara Amr Salama alias Sheikh Jackson, dengan mengusung genre supranatural.

Serial Mesir yang terdiri dari enam episode ini berlatar tahun 1960-an dengan didasarkan dari buku horor Arab terlaris oleh mendiang penulis Ahmed Khaled Tawfik. Ini menggambarkan petualangan tokoh utama Dr. Refaat Ismail, seorang ahli hematologi yang keyakinan ilmiahnya berantakan ketika dihadapkan pada kejadian paranormal. Setiap episode adalah cerita mandiri yang berpusat di sekitar salah satu buku, ‘Paranormal’.

Salama menjabat sebagai showrunner dan produser dalam Paranormal, bersama dengan produser indie Mesir terkemuka, Mohamed Hefzy. Namanya dikenal berkat kontribusinya di balik film Clinic Shingle, Microphone, Sheikh Jackson, dan Yomeddine, serta kreditnya memimpin Festival Film Kairo.

Serial Paranormal menandai keterlibatan Netflix yang lebih besar dalam produksi di wilayah MENA. Di mana, penetrasi SVOD diperkirakan akan berlipat ganda menjadi lebih dari 27 juta pelanggan pada tahun 2025. Ini sejalan dengan Digital TV Research yang  memproyeksikan Netflix sebagai pemimpin pasar MENA.

Dikutip dari wawancara Ahmed Sharkawi, sutradara serial asli Arab dan Afrika di Netflix, dengan Variety, ia membagikan latar belakang penggarapan Paranormal bersama Netflix.

“Ini adalah pertunjukan yang sudah lama saya bicarakan dengan Amr. Itu hanya menunggu untuk terjadi karena dua alasan : popularitas seri buku – ini adalah salah satu dari seri waralaba buku yang masuk ke luar Mesir ke seluruh wilayah Arab – dan hasrat Amr,” cerita Ahmed.

“Kami merasa bahwa dengan mitra seperti Amr dan Hefzy, kami dapat membantu mewujudkan visi tersebut. Kami juga menyukai interpretasi Amr. Novel-novel itu cukup banyak prosedurnya. Kami menyukai bagaimana dia menciptakan busur dan garis tembus dalam cerita,” tambahnya.

Film bergenre supernatural sendiri adalah hal baru di Timur Tengah, setidaknya dalam skala seperti ini. Itu memang pernah dilakukan dalam film sebelumnya, tetapi tidak dalam serial TV 6 episode.

Para artis yang mengisi kredit pemeran di Paranormal diantaranya, Ahmed Amin, Reem Abd El Kader, Samma Ibrahim, Razane Jammal dan Aya Samaha. Juga ada  Rushdi Al Shami, Batea Khalil, Abdelsamee Abdallah, Adam Wahdan, serta Ahmad Dash.

Selain Paranormal, Netflix telah mempersiapkan empat acara lainnya dari dunia Arab dengan warna yang berbeda. Itu adalah Abla Fahita, AlRawabi School for Girls, dan dua proyek lain yang belum berjudul. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
film timur tengah,
#
serial arab,
#
netflix,
#
serial netflix,
#
rekomendasi film