MENU
icon label
image label
blacklogo

Sensasi Pebalap Sirkuit Mini Gokart dengan Lamtoro Karting

SEP 16, 2020@20:00 WIB | 523 Views

Gokart adalah permainan yang tak pernah ada tren-nya, selalu jadi tujuan jika kita ingin merasakan sensasi mengemudi bagaikan pebalap sejak pertama masuk di Indonesia sekitar tahun 70an. Seperti diketahui, gokart adalah varian dari kendaraan roda empat atap terbuka sederhana dan kecil untuk olahraga motor yang biasanya berpacu di sirkuit dengan skala kecil.

Walaupun gokart bebas untuk semua orang, namun memang mayoritas dilakukan laki-laki untuk menuntaskan adrenalinnya. Unsur fun ada di gokart namun keseruan semakin bertambah saat ditekuni secara serius. Beberapa kalanagan menganggap bahwa balapan gokart dianggap sebagai batu loncatan untuk olahraga motor yang lebih tinggi. Tak jarang ada pula yang serius menekuni hingga mendapatkan prestasi.

Lamtoro Karting adalah salah satu tempat sekaligus komunitas pehobi gokart. Didirikan tahun 2010 oleh Lamtoro, seorang pebalap gokart kawakan, kini ada empat cabang termasuk di Pulogadung Trade Center, Mal Balekota, Harvest City, dan Hartono Mal, Solo. Saat menyambangi salah satu lokasi, tim BlackXperience bertemu dengan pemilik cabang PTC, Rio, yang juga anak dari pendiri Lamtoro Karting.


Lamtoro Karting PTC memiliki trek sepanjang 300 meter dengan 7 tikungan beragam tipe. Nah, yang membedakan Lamtoro dengan tempat lain adalah, pemaksimalan trek dan perangkat balap termasuk mesin sesuai dengan pengalaman pendirinya di dunia gokart.

Lebih jauh mengenai gokart, jika kita ingin mengambil jalur prestasi bisa memulai dari latihan dan ikut perlombaan. Olahraga ini sudah dapat dimulai sejak dini lewat kelas kadet, lalu naik ke junior, lalu senior dan terakhir kelas national gearbox yang tak lagi menggunakan transmisi otomatis melainkan manual.

Bermain gokart selain seru tentu melaju dengan kecepatan tinggi tak lepas dari risiko bahaya. Kecelakaan yang akrab saat bermain gokart bisa terjadi seperti crash dan spin, untuk keselamatan, ada beberapa safety gear yang wajib digunakan termasuk sepatu, wearpack atau jaket, celana panjang, sarung tangan, sarung kepala dan helm.

Selain refreshing, bermain gokart kata Rio cukup banyak manfaatnya, termasuk melatih fisik, mental, dan fokus. Sama seperti balap motor dan mobil pada umumnya, gokart juga memiliki racing line yang berfungsi sebagai pemandu positioning mobil jika ingin melaju dengan baik sepanjang tikungan dalam sirkuit. [leo/timBX]

Tags :

#
games room,
#
gokart