MENU
icon label
image label
blacklogo

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang PS5 Sony

NOV 23, 2020@15:30 WIB | 344 Views

PlayStation terbaru akhirnya hadir dengan berbagai penawaran yang sangat menarik. Di konsol ini, Anda akan melihat grafik yang lebih baik di game Anda, dan PS5 juga akan mendukung kecepatan refresh yang tinggi, yang seharusnya membuat game terasa lebih lancar (jika Anda memiliki tampilan yang mendukung kecepatan refresh tersebut). Plus, SSD khusus PS5 berjanji untuk menawarkan lompatan ke depan dalam kecepatan pemuatan sehingga dapat mengubah cara game dirancang. Nah, berikut ini hal-hal yang diketahui tentang konsol terbaru Sony ini:

Terdapat dua versi, tapi mereka sama

Seperti Microsoft, Sony sebenarnya menjual dua versi konsol generasi berikutnya yang akan datang. Untuk USD$ 499,99, Anda dapat membeli PS5 dengan drive Blu-ray 4K. Tetapi dengan harga USD$ 100 lebih murah ($ 399,99), Anda dapat membeli Digital Edition PS5 (yang juga terlihat lebih tipis daripada saudaranya yang lebih mahal). Tidak seperti Microsoft, satu-satunya hal yang membedakan kedua versi tersebut adalah konsol mana yang memiliki drive disk dan berapa biayanya.

PS5 ini didukung oleh kustom CPU AMD Zen 2 delapan inti dan GPU berbasis AMD Radeon RDNA 2 kustom yang akan memberikan kekuatan grafis mentah 10,28 teraflop. Konsol juga menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU PS5, yang secara teoritis dapat mendorong grafik untuk berjalan sedikit lebih cepat dari biasanya ketika CPU tidak berjalan pada puncaknya. Meskipun sepertinya perbedaannya minimal berdasarkan presentasi teknis ini (lompat ke 35:30):

Load times PS5

Kebanyakan game yang dimainkan pada konsol PS5 memiliki waktu loading yang lebih cepat dibandingkan pada PS4. Game Spider-Man: Miles Morales misalnya, yang tercatat memiliki waktu 17 detik untuk loading, sedang di PS4 membutuhkan waktu 1 menit, 27 detik.

Di sini Anda harus tahu bahwa sebagian dari ruang penyimpanan 825 GB itu digunakan oleh data sistem, yang berarti Anda sebenarnya memiliki ruang penggunaan sebesar 667,2 GB. Dan ukuran game yang terus berkembang berarti Anda dapat mengisi ruang yang dapat digunakan dengan cepat. Call of Duty: Black Ops Cold War membutuhkan 133GB, misalnya, yang merupakan hampir 20 persen dari penyimpanan konsol yang tersedia.

Perbandingan PS5 vs Xbox Series X vs Xbox Series S

PS5 mendukung output hingga 8K dan menjanjikan grafik 4K hingga kecepatan refresh 120Hz. Horsepower konsol yang ditingkatkan juga berarti Anda dapat melihat pelacakan sinar, yang dapat menghasilkan efek yang lebih realistis di lingkungan game seperti pantulan di jendela. Lihat penelusuran sinar Spider-Man: Remastered dalam video ini dari Tom Warren:

PS5 juga mendukung audio 3D, namun kami belum tahu persis bagaimana audio 3D akan digunakan dalam gim, dan patut disebutkan bahwa Sony juga mencoba menjualnya sebagai fitur di PS4, jadi kami harus menunggu untuk melihat seberapa baik audio 3D di dalamnya di tahun depan. PS5 memiliki 2 port USB-A, dan satu port USB-C juga port Ethernet dan Wi-Fi 802.11ax (alias Wi-Fi 6).

Semua perangkat keras itu dikemas ke dalam konsol game terbesar dalam sejarah modern. Yang dengan drive disk berukuran kira-kira 390mm x 104mm x 260mm (tinggi sekitar 15,4 inci, dalam 4,1 inci, dan lebar 10,2 inci). Bandingkan dengan Xbox Series X (yang lebih besar dari konsol generasi mendatang Microsoft), yang berukuran 301mm x 151mm x 151mm. Dan kedua konsol itu jauh lebih besar dari Xbox Series S.

DualSense Controller mungkin dijadikan bagian penting generasi berikutnya Dari PS5

Controller PS5 sangat berbeda dari lini DualShock yang mungkin Anda kenal dari konsol PlayStation lain. Namun ia memiliki sejumlah fitur anyar yang mungkin menjadikannya aspek paling menarik dari PS5. Controller DualShock Sony secara umum mempertahankan desain yang serupa dari generasi ke generasi, tetapi DualSense baru dari PS5 adalah controller PlayStation pertama yang tidak terlihat seperti aslinya. Ia memang memiliki tata letak dasar yang biasa digunakan penggemar PlayStation - pad arah dan tombol di bagian atas, dua stik kontrol di bagian bawah, dan bilah sentuh tengah dari DualShock 4 - seluruh bentuk pengontrol baru, dengan pegangan yang lebih runcing dan garis yang lebih lebar, dan semuanya memiliki desain dua warna yang mencolok.

Dalam peningkatan dari PS4, PS5 secara otomatis menangkap 60 menit terakhir dari permainan Anda (naik dari 15 menit) pada resolusi 1080p dan 60fps. PS5 juga memungkinkan Anda merekam alur game secara manual dalam 4K, meskipun Anda harus menyesuaikan pengaturan untuk melakukannya. Selain itu, kinerja DualSense ini memberikan berbagai tingkat resistensi pada fitur barunya, juga memiliki mikrofon internal selain speaker, tetapi masih ada jack headphone 3,5 mm yang dapat Anda gunakan untuk memasang headphone jika Anda mau. Ini juga merupakan pengontrol Sony pertama dengan port USB-C.

Adanya penawaran beberapa game eksklusif untuk dipilih

Ada 6 judul pihak pertama yang akan tersedia bersama PS5, yakni Astro’s Playroom (Japan Studio) yang sudah terpasang, dan 5 game lainnya yang berbayar, yakni Demon’s Souls, Destruction AllStars, Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Marvel's Spider-Man: Miles Morales Ultimate Edition, dan Sackboy: A Big Adventure.

Selain judul Sony, akan ada juga judul pihak ketiga yang tersedia, termasuk; Assassin’s Creed Valhalla, Call of Duty: Black Ops Cold War, Devil May Cry 5: Special Edition, Fortnite dan lainnya.

Sony juga menawarkan koleksi game PS4 yang dapat Anda unduh dan mainkan di PS5 Anda saat peluncuran jika Anda memiliki langganan PlayStation Plus. Beberapa hit PS4 pihak pertama terbesar Sony adalah bagian dari koleksinya, tetapi ada juga sejumlah judul pihak ketiga dalam campuran tersebut. Berikut video deretan game promosi PS5:

Terdapat penawaran game menarik yang akan datang

Meskipun daftar game PS5 baru yang tersedia pada hari peluncuran cukup singkat, ada sejumlah judul yang akan segera melengkapi jajaran PS5 hingga tahun 2021. Ratchet & Clank: Rift Apart dan Gran Turismo 7 keduanya akan diluncurkan di paruh pertama 2021. Horizon Forbidden West yang disebutkan di atas diharapkan terjadi pada paruh kedua 2021. Dan Sony juga telah mengumumkan sekuel God of War 2018 untuk 2021.

Ada banyak judul pihak ketiga besar untuk dinantikan dalam masa hidup PS5 juga, termasuk Final Fantasy XVI, yang akan diluncurkan pertama kali di PS5; Resident Evil Village, game garis utama kedelapan dalam seri horor populer yang dijadwalkan pada tahun 2021; Hogwarts Legacy, sebuah game dunia terbuka berlatar dunia sihir Harry Potter; dan Five Nights at Freddy’s: Security Breach yang tampak menyeramkan.

PS5 merupakan Backwards yang kompatibel dengan kebanyakan game PS4

Hampir setiap game PS4 akan berfungsi di PS5. Mengutip Sony tentang masalah ini: "lebih dari 99 persen dari 4.000+ game yang tersedia di PS4 akan dapat dimainkan di PS5". Dan lebih baik lagi, beberapa game PS4 akan berjalan pada frame rate yang lebih tinggi atau lebih mulus di PS5, berkat sesuatu yang disebut Sony sebagai Game Boost. Dalam pengujian awal, Digital Foundry menemukan bahwa PS5 menghadirkan peningkatan penting pada banyak game PS4. Lihat sendiri di video ini:

PS5 memiliki tampilan interface yang baru

PS5 memiliki antarmuka pengguna baru dengan sejumlah fitur baru untuk membuat permainan lebih efisien. Aplikasi dibagi menjadi dua bagian - game dan media, dan jika Anda terbiasa dengan antarmuka PS4, deretan ikon aplikasi di menu game akan terlihat sangat familier bagi Anda. Namun saat Anda benar-benar memilih game, sekarang ada lebih banyak informasi untuk dilihat.

Anda cukup menekan tombol putar untuk menyelami game Anda atau melihat piala yang telah Anda kumpulkan atau bahkan aliran Twitch dari game itu. Tetapi Anda juga dapat memilih dari "aktivitas", yang memungkinkan Anda terjun langsung ke misi atau mode game tertentu, dan game bahkan menawarkan tutorial dalam game untuk membantu Anda melalui tujuan tertentu. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ps5 sony,
#
playstation,
#
rekomendasi game