MENU
icon label
image label
blacklogo

Sebelum ke Netflix, The Irishman Akan Tayang Eksklusif di Bioskop Terpilih

AUG 30, 2019@13:45 WIB | 222 Views

The Irishman karya Martin Scorsese dipastikan bakal mendapat waktu tayang di bioskop secara terbatas pada awal November, sebelum tersedia untuk streaming online beberapa minggu kemudian. Setelah pertunjukan besar di Academy Awards ke-91 dengan Roma, Netflix sekali lagi mencari cara untuk membuat percikan di balapan Oscar tahun ini. Tawaran terbesar mereka musim ini adalah The Irishman, di mana Scorsese bersatu kembali dengan kolaborator lamanya, Robert De Niro dan Joe Pesci. Ikon lain dari sinema tentang dunia kejahatan itu adalah bintang seperti Al Pacino dan Harvey Keitel. Jajaran nama-nama tersebut menjadikan The Irishman secara di atas kertas adalah salah satu tontonan yang paling ditunggu-tunggu pada musim gugur.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, The Irishman dijadwalkan bakal melakukan pemutaran perdana dunianya di Festival Film New York 2019 pada bulan September, tetapi belum jelas kapan film itu akan dirilis ke masyarakat umum. Trailer yang keluar awal musim panas ini hanya berjanji akan online pada musim gugur. Nah sekarang penonton bioskop tahu persis kapan mereka akan dapat melihat film epik gangster terbaru Scorsese itu.

Menurut Variety, rencananya adalah untuk The Irishman untuk ditayangkan di bioskop di New York dan Los Angeles pada tanggal 1 November, dan kemudian diperluas ke lebih banyak pasar pada tanggal 8 November (belum ada detail wilayah mana lagi). Lalu film ini akan mulai tayang secara khusus di Netflix pada tanggal 27 November. Itu memberikannya jendela eksklusif lebih dari tiga minggu di bioskop.

Jendela eksklusif teater itu adalah titik penting dalam negosiasi Netflix dengan jaringan teater besar seperti AMC dan Cineplex. Kabarnya, perusahaan-perusahaan itu menginginkan The Irishman bermain selama tiga bulan sebelum streaming, sesuatu yang sangat kontras dengan model distribusi khas Netflix. Hal tersebut hampir pasti membuat The Irishman tidak mungkin tayang di lokasi AMC dan Cineplex, tapi itu tidak terlalu menjadi perhatian bagi Netflix. Itu dikarenakan, meski mereka mungkin akan menikmati hasil tambahan dengan memberikan The Irishman peluncuran secara nasional (yang diinginkan Scorsese), tujuan Netflix hanyalah mendapatkan waktu tayang yang cukup di bioskop.

Perlu diketahui, salah satu syarat untuk masuk dalam calon nominasi Academy Awards adalah sebuah film harus diputar di Los Angeles selama setidaknya satu minggu. Nah penayangan eksklusif di bioskop selama tiga pekan adalah untuk memenuhi persyaratan itu. Apalagi jika film tersebut ternyata memenuhi potensinya secara di atas kertas, maka dia akan berada di tengah-tengah persaingan berbagai kategori Oscar.

Yang masih harus dilihat adalah berapa banyak teater yang dimainkan The Irishman. Laporan Variety mengisyaratkan ada sekitar 250 lokasi di Amerika yang bakal mendapatkan hak eksklusif tersebut. Ini berarti sejumlah pasar yang lebih kecil di seluruh Amerika, dan bahkan dunia, mungkin tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk menonton film itu di layar lebar.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
the irishman,
#
netflix,
#
martin scorsese,
#
robert de niro,
#
joe pesci,
#
al pacino,
#
harvey keitel