MENU
icon label
image label
blacklogo

Rolex Daytona, Jam Tangan Balap Definitif dari Paul Newman

DEC 21, 2020@09:30 WIB | 193 Views

Pada tahun 2017, Rolex 6239 milik Paul Newman dijual seharga $ 17,1 juta (240 Trilyun Rupiah). Jadi, inilah salah satu sebab mengapa jam tangan ini sangat berharga.

Ketika penawaran berakhir pada 26 Oktober 2017, satu jam tangan telah terjual dengan rekor $ 17,8 juta (251 Trilyun Rupiah). Mengapa jam tangan khusus itu — Rolex Cosmograph Daytona Reference 6239 tahun 1968 yang tidak terlalu langka — dapat menarik begitu banyak orang? Tentu saja disini karena uang ikut berbicara. Ada banyak hal tentang donasi, perkumpulan, balapan, selebriti, dan nilai dari sebuah cerita yang hebat.

Contohnya saja aktor Joanne Woodward menghadiahkan Rolex ini kepada suaminya, Paul Newman, pada tahun 1969. Tahun itu Newman mulai membalap untuk meraih kesuksesan yang cemerlang. Dia memakai Rolex ini saat balapan selama 15 tahun berikutnya.

Kalau menilik dari teori seorang filsut Athen, bernama Plato - ia menyimpulkan kesenangan itu sendiri sebagai sesuatu hal yang bernilai intrinsik. Jadi, untuk benda mekanis seperti Rolex atau Duesenberg, nilai intrinsik terletak pada kerumitan desain – yang di dalamnya terdapat keindahan, konstruksi yang unggul, dan kegunaan fungsi.

Untuk Cosmograph Daytona buatan Swiss sendiri jelas mengemas desain intrinsik. Diperkenalkan pada tahun 1963 untuk penggunaan motorsport, Reference 6239, dengan dial hitam-putih "eksotis", memiliki tiga subdial dan penekan besar untuk mengoperasikan fungsi kronograf. Jantung mekanis arloji ini adalah mesin jam Valjoux 72 yang terkenal dan andal.

Daytona 6239 vintage dihargai oleh para kolektor karena nilai intrinsiknya. Dealer terkadang meminta $ 250.000 (3,5 Milyar Rupiah) atau lebih untuk contoh yang tidak dikenakan oleh Newman. Dia membawa semua nilai ekstrinsik ke jam tangan, yang meningkatkan biayanya.

Balapan dan jam tangan memiliki keterikatan dalam waktu yang lama, jadi kalau ada mobil maka ada waktu. Rolex memiliki kaitan dengan balapan sejak tahun 1930-an, pada saat Sir Malcolm Campbell mengenakan Rolex ketika memecahkan rekor kecepatan darat di Pantai Daytona pada tahun 1935. Sekarang, Rolex adalah arloji resmi Formula 1 dan mensponsori 24 Hours of Daytona. Romansa dan reputasi Rolex Daytona sebagian besar adalah tentang balapan.

Tapi Paul Newman bukan hanya seorang pembalap, karena suatu waktu dia adalah bintang film paling populer di dunia, seorang pengusaha yang rajin, dan seorang yang peduli kemanusiaan. Dia adalah pria yang didambakan banyak orang, dan Rolex ini miliknya, diberikan kepadanya pada momen penting dalam hidupnya oleh istrinya, yang adalah bintang film lain. Bahkan pada bagian belakang jam tangan diukir oleh Woodward dengan tulisan “Drive Carefully Me”.

Mengutip perkataan pendiri Hodinkee – situs jam tangan dan gaya hidup, Benjamin Clymer, “Itu adalah kolektor Rolex yang paling penting. Bagi banyak orang, ini adalah pola dasar dari jam tangan tertagih. Ini memiliki kelangkaan, asal, dan desain yang luar biasa. "

Pada tahun 1984 Newman memberikan jam tangan itu kepada James Cox, pacar putrinya, Nell. Cox-lah yang mengirimkannya ke rumah lelang Phillips pada tahun 2017. Cox berjanji untuk menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan ke Nell Newman Foundation untuk melanjutkan warisan filantropi ayahnya.

Kualitas intrinsik menopang mereka selama bertahun-tahun, maka tak heran jika Ferrari V-12 tua, namun tetap indah. Faktor ekstrinsik dari benda ini ada dalam konteks waktu. Newman sangat berarti bagi mereka yang lahir di pertengahan abad ke-20, namun tak terlalu dikenal oleh mereka yang lahir di abad ke-21. Jadi, bisa saja saat Daytona ini pergi ke pelelangan, penawarannya akan sedikit berkurang. Karena tak ada yang abadi selamanya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
rolex daytona,
#
jam tangan,
#
jam tangan balap,
#
jam tangan rolex daytona,
#
paul newman