MENU
icon label
image label
blacklogo

Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik Tahun 2021

JAN 24, 2021@09:00 WIB | 318 Views

Mungkin bertahun-tahun ini jika Anda menginginkan perangkat lunak antivirus terbaik, harus membayar mahal. Kadangkala berpikir bahwa perangkat lunak apa pun yang gratis, tidak memiliki beberapa fitur penting, seperti perlindungan penipuan atau pemblokiran tautan. Meskipun demikian, tak selamanya perangkat lunak antivirus yang baik harus didapatkan dengan mengeluarkan banyak uang. Kini ada beberapa program antivirus gratis dengan fitur-fitur fantastis. Bahkan cara mendapatkannya pun cukup mudah, yakni kita dapat mengunduh program-program ini dan segera mulai menggunakannya.

Berikut sekilas tentang perangkat lunak antivirus gratis terbaik:

Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free Edition memiliki desain minimalis yang membuatnya mudah dirawat. Meskipun aplikasi ini tidak memiliki konfigurasi apa pun, secara otomatis memindai mesin menggunakan deteksi berbasis cloud, kemudian melakukan pemindaian lebih dalam jika menemukan perangkat lunak berbahaya atau tanda bahaya.

Perisai virus yang dibundel ini juga memblokir URL berbahaya dan menggunakan deteksi berbasis perilaku untuk melindungi dari potensi ancaman. Fitur yang lebih baru termasuk opsi anti-penipuan dan phishing yang menggunakan filter yang lebih canggih untuk memperingatkan pengguna menjauh dari situs yang diketahui mencuri identitas.

Selain pemblokiran dan penghapusan malware yang sangat baik, program ringan ini juga berfungsi sebagai anti-rootkit dan utilitas anti-phishing yang sangat baik. Ia melakukan tugas terakhir dengan mendeteksi dan memblokir situs penipuan melalui pemindaian berbasis HTTP.

AVG AntiVirus Gratis

AVG memiliki dua nilai jual utama. Pertama, ia memiliki jangkauan yang sangat luas. Perangkat lunak ini tidak hanya akan mencari virus dan malware tetapi juga membantu memblokir tautan yang mencurigakan, mencegah unduhan yang dicurigai, dan mencegah penggunaan lampiran email yang mencurigakan. Kelebihan itu membuat aplikasi ini menjadi pilihan yang baik untuk keluarga atau pengguna lanjut usia dengan anggaran terbatas.

Manfaat kedua adalah kedekatan AVG dengan platform Google. Karena AVG memiliki salah satu unduhan Android yang lebih baik dan juga dapat bekerja dengan baik di Chrome. Versi gratisnya menawarkan pemindaian untuk masalah kinerja.

Meski demikian, rangkaian fitur tersebut masih paling sesuai untuk pengguna yang tidak ingin melakukan banyak hal kecuali membiarkan aplikasi antivirus mereka berjalan.

ZoneAlarm Antivirus Gratis

ZoneAlarm menyediakan firewall dan pemindaian antivirus, tetapi kemudian berkembang lebih jauh sehingga dapat mengatasi dua masalah keamanan yang berkembang, yakni identifikasi pencurian dan kehilangan data. Pencurian identitas dicegah dengan alat pemantauan kredit harian dan "spesialis pendidikan kredit" untuk membantu mengatasi peringatan atau masalah apa pun.

ZoneAlarm juga menyediakan layanan backup cloud untuk membuat cadangan data dan mengenkripsinya untuk perlindungan online. Jika belum memiliki layanan yang membantu melindungi identitas dan data, ini bisa menjadi pilihan yang baik.

Perlu diketahui bahwa selama penginstalan, ZoneAlarm mencoba menyetel Yahoo sebagai mesin pencarian.

Malwarebytes Anti-Malware Gratis

Malwarebytes menawarkan beberapa perangkat lunak penghapus virus terbaik dan terlengkap yang tersedia. Bahkan seringkali menjadi salah satu sumber yang pertama tiba di agensi teknologi dan kelompok pendukung.

Mereka membagi opsi menjadi empat modul. Anti-malware melindungi dan menghapus malware dengan pemindaian otomatis, sementara anti-ransomware membantu melindungi file dari serangan ransomware. Anti-eksploitasi membantu melindungi dari kerentanan yang diketahui saat menemukannya di sistem atau aplikasi. Sementara perlindungan situs web berbahaya menjauhkan dari situs palsu atau berbahaya.

Selain fungsi pemindaian anti-malware yang kuat, Malwarebytes menggunakan teknologi Chameleon untuk menjalankan aplikasi pada sistem yang sudah terinfeksi lalu memblokir penerapannya.

Yang perlu diketahui, pada versi gratis Malwarebytes adalah ini lebih merupakan alat perbaikan daripada perisai pelindung piranti.

Seperti yang kita tahu, alat pemindaian akan menemukan apa pun setelah piranti terinfeksi dengan efektif, namun di lain pihak tidak berbuat banyak untuk menghentikannya. Untuk itu, pengguna perlu memiliki versi premiumnya.

Avast Antivirus Gratis

Dalam hal perlindungan esensial, Avast adalah salah satu program antivirus terbaik yang tersedia. Ia menerima salah satu skor tertinggi dalam tes perlindungan AV Test terbaru. Paket antivirus gratis terbaru dari Avast adalah paket yang mengesankan.

Selain dari perlindungan virus dan malware biasa - termasuk kemampuan anti-rootkit dan anti-spyware - perangkat lunak ini dilengkapi dengan banyak opsi yang dapat disesuaikan, termasuk perlindungan untuk perangkat Android melalui Avast Mobile Security.

Avast versi 2020 bekerja ekstra untuk memastikan pengguna merasa aman menggunakan program ini. Saat pemasangan, pengguna akan mendapatkan perincian langsung yang menunjukkan bagaimana Avast menggunakan informasi pribadi.

Akan muncul peringatan di awal jika piranti ini menemukan potensi serangan malware pada saat memulai pemindaian, sebelum file yang tidak dikenal terbuka dan mencegahnya melakukannya.

Perangkat lunak ini bagus dalam melindungi PC saat online, karena dapat memblokir URL berbahaya, dan menghentikan pengunduhan otomatis agar tidak terjadi masalah saat pemindaian. Perangkat lunak ini juga menyertakan mode Jangan Ganggu yang membungkam sepenuhnya peringatan dan munculan saat Anda menonton film atau bermain game penting.

Kabar terbaru mengungkapkan Avast tak menyangkal saat muncul rumor yang mengatakan bahwa Avast mengumpulkan data penjelajahan web pelanggannya (termasuk pencarian Google, kunjungan ke halaman LinkedIn, dan kunjungan ke situs porno) dan menjual data tersebut melalui perusahaan induknya, Jumpshot.

Namun, menurut CNET, Avast mengatakan bahwa mereka tidak mengumpulkan "informasi identifikasi pribadi, termasuk nama, alamat email, atau detail kontak", dan meyakinkan pengguna bahwa mereka tidak membagikan data tersebut.

Terlepas dari rumor yang beredar, program gratis ini kehilangan beberapa fitur eksklusif yang hanya ada untuk paket premium - termasuk pemindaian otomatis dan pembaruan otomatis. Mereka yang menginginkan peningkatan seperti itu perlu memilih paket berlangganan, yaitu sekitar $ 40 per tahun untuk satu PC Windows atau Mac. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
rekomendasi antivirus terbaik,
#
antivirus gratis terbaik,
#
antivirus gratis terbaik 2021,
#
antivirus terbaik