MENU
icon label
image label
blacklogo

Perilisan Morbius Ditunda Hingga April 2022

JAN 04, 2022@11:00 WIB | 105 Views

Sony kembali menunda tanggal rilis Morbius film Marvel yang akan digawangi Jared Leto ini, dijadwalkan akan mulai rilis di bioskop pada April 2022. Menyusul kesuksesan film Venom di tahun 2018, Sony tidak berpikir panjang dengan rencana untuk membuat alam semesta sinematiknya sendiri menggunakan penjahat-penjahat ikonik dari Spider-Man. Hal ini membuat mereka memberikan lampu hijau untuk rencana film solo Morbius. Film ini akan dibintangi oleh Jared Leto yang akan berperan sebagai sebagai Dr. Michael Morbius, yang menjadi Vampir ketika melakukan penelitian untuk menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit langka yang dideritanya.

Morbius disutradarai oleh Daniel Espinosa dan juga akan menampilkan karakter Vulture dari Spider-Man: Homecoming (2017) yang diperankan Michael Keaton. Kemunculan Vulture tentunya akan menimbulkan pertanyaan tentang hubungan film ini dengan Marvel Cinematic Universe atau waralaba Spider-Man lainnya. Film ini awalnya dijadwalkan untuk diputar di bioskop pada Juli 2020, tetapi rencana itu dibuat sebelum COVID-19 tiba dan mendatangkan malapetaka untuk seluruh kalender Hollywood, kemudian tanggal perilisannya dipindahkan ke Maret 2021, pada awalnya dengan harapan bahwa pandemi akan berakhir pada saat itu. Tapi ternyata, Morbius kembali ditunda tujuh bulan, hingga Oktober 2021, kemudian ditunda lagi hingga Januari 2022 ketika Venom: Let There Be Carnage (2021) membutuhkan tanggal rilis baru.

Dengan Morbius yang dijadwalkan untuk dirilis akhir bulan ini, yaitu 28 Januari 2022, Sony kini secara resmi mengumumkan, malah menunda perilisan film ini sekali lagi. Tanggal perilisan baru Morbius adalah 1 April 2022. Ini menandai perubahan tanggal rilis ketujuh untuk film tersebut, karena Sony menggeser rilis satu atau dua minggu beberapa kali di atas penundaan yang lebih signifikan. Langkah ini dilakukan ketika Spider-Man: No Way Home (2021) mendominasi box office tetapi juga karena kasus positif COVID melonjak sebagai akibat dari varian omicron.

Bahkan dengan penundaan tanggal rilis Morbius yang baru ini, film anti-hero Sony ini seharusnya masih dalam posisi yang baik dalam opening weekend. Akhir pekan pertama bulan April tidak ada film calon box office yang akan dirilis yang akan bersaing langsung dengan Morbius. Kompetisi terbesar Morbius akan datang di minggu kedua dan ketiga di bioskop, karena saat itu Sonic the Hedgehog 2 dan Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore dijadwalkan untuk dirilis.

Sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, jika Sony memilih untuk menunda tanggal perilisan Morbius ke April 2022, terutama karena saat ini Spider-Man: No Way Home terus mendominasi box office, dan itu bisa terus mengurangi pendapatan setiap film lain yang diputar di bioskop selama berminggu-minggu mendatang. Pemindahan jadwal rilis Morbius memastikan dua judul film Sony ini tidak akan bersaing satu sama lain, karena hype Spider-Man: No Way Home masih belum akan usai hingga beberapa waktu ke depan. Sementara itu, hal ini akan memberi Sony waktu ekstra untuk berharap ada penurunan kasus COVID dan membuat penonton lebih nyaman untuk pergi ke bioskop. Mudah-mudahan saja minat penonton terhadap film ini tidak memudar, setelah mengalami penundaan berkali-kali. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
morbius,
#
marvel,
#
sony pictures,
#
jared leto,
#
berita film