MENU
icon label
image label
blacklogo

Performa Lampaui PS4, Ini Upgrade Hardware PlayStation 5, Worth to Switch?

JUN 15, 2020@17:05 WIB | 204 Views

Diperlihatkan wujudnya Jumat (12/6) kemarin, akhirnya penggemar game konsol sudah bisa mengagumi Sony PlayStation 5 yang sebelumnya sudah diumumkan bulan Maret lalu. Telah ditunggu lama oleh pencintanya, tentunya beberapa upgrade sudah disematkan membuatkannya lebih baik dari pendahulunya, PS4.

Disebut memiliki performa yang lebih bertenaga, waktu loading yang lebih cepat dan kemampuan grafis yang meningkat, apa saja detail upgrade PlayStation 5?

Jika Playstation 4 dibekali dengan prosesor 8 core AMD Jaguar berkecepatan 1,6GHz, PlayStation 5 melesat dengan prosesor AMD Zen 2 8 core bertenaga 3,5GHz. Sedangkan di sisi RAM, PS5 meningkat dua kali lipat ke 16GB dari 8GB yang diemban PS5.

Sedangkan GPU atau prosesor grafis yang digunakan PlayStation terbaru ini memiliki 36 Compute Units dan kemampuan komputasi 10,28 Teraflops, lebih baik dari PS4 yang hanya memiliki 18 Compute Units dan tenaga komputasi 1,84 Teraflops.

Tak hanya itu, penyimpanan internal juga salah satu aspek yang ditingkatkan Sony dalam PS5. Masih sama menggunakan SSD atau Solid State Drive, kapasitasnya meningkat dari 500GB di PS4 jadi 825GB di PlayStation 5. Tak jauh beda memang, namun SSD PS5 diyakini memiliki kecepatan yang lebih tinggi di mana waktu booting hanya memakan  waktu 2,7 detik saja. Untuk Eksternal, PS5 mendukung  NVMe SSD slot dan USB HDD.

Terakhir, PS5 kini sudah mendukung input optikal 4K UHD Blueray di mana PS4 dan PS4 Pro masing Blueray standar. Tak kalah penting, Sony juga sudah meningkatkan dukungan ketajaman grafis hingga 8K di 120Hz sehingga siap untuk game memainkan game berat super detail.

Sayangnya hingga kini kita belum dapat mengetahui harga pasti Playstation 5, namun rumor menyebutkan jika dihitung part by parts saja, harga produksi PS5 sudah mencapai angka sekitar Rp6,5 jutaan, maka harga jadinya nanti mungkin lebih mahal dari ini. Mari kita nantikan saja. [leo/timBX]

Tags :

#
playstation 5,
#
sony playstation 5

RELATED ARTICLE