MENU
icon label
image label
blacklogo

Masuki Pikiran Negosiator Terkemuka FBI Lewat “Never Split The Difference”

AUG 14, 2020@11:00 WIB | 129 Views

Negosiasi mungkin terdengar mudah, namun ternyata sulit dilakukan. Apalagi bagi yang berkecimpung dalam bisnis yang mengedepankan komunikasi dan negosiasi untuk mencapai tujuan. Faktanya, berhasil atau gagalnya tujuan sedikit banyak disebabkan oleh kesalahan negosiasi, yang mengarahkan keputusan orang lain.

Kabar baik untuk Anda karena seorang mantan negosiator sandera internasional untuk FBI, Chris Voss, menawarkan pendekatan baru yang teruji di lapangan. Ini strategi terbaik yang dapat diterapkan di ruang rapat maupun di rumah, untuk negosiasi beresiko tinggi. Panduan ini dirangkum dalam buku Never Split The Difference : Negotiating As If Your Life Depended On It karya Voss, terbit 17 Mei 2016.

Setelah bertugas mengawasi jalan-jalan di Kansas City, Missouri, Voss bergabung dengan FBI. Inilah awal karirnya sebagai negosiator dimulai, membawanya bertatap muka dengan berbagai perjahat, termasuk perampok bank dan teroris. Mencapai puncak profesinya, Voss lalu menjadi negosiator penculikan internasional utama FBI dengan pengalaman 24 tahun bekerja di divisi Crisis Negotiation Unit.

Buku Never Split The Difference, akan membawa Anda ke dalam pikiran Voss dengan suasana negosiasi beresiko tinggi. Ini akan mematahkan segala hal yang telah dipelajari tentang negosiasi. Anda diharuskan tidak rasional, tidak mengenal kata adil, dan tidak kompromi, karena itu adalah hal terburuk untuk dilakukan. Terpenting dari semua, seni negosiasi yang sebenarnya terletak pada penguasaan seluk-beluk pernyataan ‘Tidak’, bukan ‘Ya’.

Buku 260 halaman ini akan mengungkapkan keterampilan yang membantu Voss dan rekan-rekannya untuk sukses di tempat paling penting, yakni menyelamatkan nyawa. Dalam buku panduan praktis Never Split The Difference, penulis membagikan sembilan prinsip efektif, taktik, dan strategi kontra-intuitif. Voss menggunakan pengalamannya dalam situasi hidup atau mati untuk mengilustrasikan teknik-teknik ini, dan menawarkan banyak contoh implementasi teknik.

Bersama rekan penulis Tahl Raz, ilmu dari pengalaman negosiasi Voss di lapangan juga dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu Anda untuk menjadi lebih persuasif, baik dalam ranah profesional maupun pribadi.

Buang pikiran tentang negosiasi sebagai suatu masalah logis dan berurutan yang harus diselesaikan. Injekasi kecerdasan emosional dan empati merupakan pengubah permainan untuk FBI. Inilah keterampilan yang ditekankan Voss dalam bukunya.

Perlu diketahui bahwa hidup adalah serangkaian negosiasi, mulai dari negosiasi gaji, membeli rumah atau mobil, bahkan negosiasi dengan pasangan. Dengan melangkah pada kecerdasan emosional dan tingkat intuitif selanjutnya, Never Split The Difference memberi Anda keunggulan dalam diskusi apapun. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pikiran negosiator,
#
tips negoisasi,
#
negosiator fbi,
#
chris voss,
#
tips pintar

RELATED ARTICLE