MENU
icon label
image label
blacklogo

Marvel Ternyata Sudah Ada Rencana Dengan X-Men dan Spider Man Sejak Awal Phase 1

SEP 16, 2019@16:30 WIB | 562 Views

Marvel Studios saat ini adalah salah satu studio film paling sukses di seluruh Hollywood saat ini. Tetapi mereka jauh dari itu ketika Marvel Cinematic Universe (MCU) dimulai pada tahun 2008. Mereka membawa Jon Favreau - yang saat itu masih sutradara yang belum terbukti - naik untuk mengarahkan film pertama mereka, yang didasarkan pada apa yang diyakini banyak orang sebagai karakter Marvel kelas C. Lalu mereka juga mempekerjakan Robert Downey Jr untuk menjadi bintang, yang pada saat itu dipandang sebagai risiko setelah permasalahan pribadinya yang baru saja terjadi.

Semua keputusan yang dianggap berisiko dan kontroversial itu terbayar tuntas. MCU telah menjadi lebih besar dari yang dibayangkan siapapun saat itu dan telah melakukan semuanya tanpa beberapa karakter terbesar mereka. Jika diingat, Marvel menjual hak aksi langsung banyak karakternya ke beberapa studio film di tahun 80-an. Fox mengakuisisi X-Men dan Fantastic Four, Sony mendapat Spider-Man, dan Universal mendapat hak atas Hulk dan lainnya.

Namun terlepas dari kehilangan hak atas karakter-karakter ciptaannya, baru-baru ini terungkap bahwa Marvel tidak pernah benar-benar berniat melepaskannya. Sebuah versi alternatif dari adegan pasca-kredit Iron Man menggambarkan adegan di mana Nick Fury (Samuel L Jackson) melakukan dialog yang mereferensikan X-Men dan Spider-Man.

Informasi ini datang dari sumber paling terpercaya, yaitu Presiden Marvel Studios Kevin Feige, baru-baru ini saat dianugerahi Penghargaan Stan Lee World Builder di Saturn Awards. Karena tidak bisa hadir untuk menerima langsung, dia mengirim pesan yang sudah direkam dan memberikan kejutan khusus bagi semua orang. Dia mengungkapkan versi alternatif adegan pasca-kredit Iron Man yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dalam adegan itu, Fury merujuk mutan dan seorang pria yang digigit oleh serangga radioaktif.

Walaupun adegan ini dihapus, implikasi dari ide di balik dialog ini sungguh mengejutkan. Karena Marvel Studios tidak dapat secara legal mereferensikan mutan (X-Men) pada waktu itu, ini dapat menunjukkan semacam optimisme bahwa mungkin itu akan berubah sebelum Iron Man dirilis. Ini terjadi sekitar saat Fox bekerja pada X-Men Origins: Wolverine dan setelah Feige berhenti bekerja pada franchise X-Men sebagai produser. Mungkin saja dia mencoba menjembatani dunia-dunia ini bersama-sama pada saat itu, tetapi tidak berhasil.

Sementara itu, penyebutan pria dengan gigitan serangga radioaktif jelas merupakan referensi untuk Spider-Man. Ini akan terjadi dua tahun setelah Spider-Man 3 dan pada saat Sam Raimi masih mengembangkan Spider-Man 4. Mungkin juga Feige melihat peluang untuk membuat Iron Man ada di alam semesta yang sama.

Tidak diketahui apakah percakapan antara Marvel Studios dan orang-orang seperti Fox dan Sony sedang terjadi saat ini. Adegan ini bisa saja dibuat hanya menjadi alternatif atau malah sebagai cadangan jika sesuatu yang tidak terduga terjadi.

Yah bagaimanapun, adegan tersebut tampaknya memang dihapus karena situasinya tidak memungkinkan pada saat itu. Namun melihat kembali seberapa besar MCU sekarang, kita hanya bisa berandai-andai apa yang bakal terjadi jika Marvel jadi menggunakan adegan tersebut.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
marvel,
#
kevin feige,
#
spider-man,
#
x-men