MENU
icon label
image label
blacklogo

M1-Le Mans Classic Chrono, Jam Tangan ala Mobil Balap Ford dan Porsche

JUN 20, 2021@17:00 WIB | 348 Views

Detroit Watch Company baru-baru ini menghadirkan jam tangan bercita rasa sahal satu balapan mobil paling terkenal di dunia, 24 Hours of Le Mans. Jam tangan yang diberi nama M1-Le Mans Classic Chrono hadir dalam tiga varian. Ketiganya dibedakan berdasarkan angka yang membuat mobil balap terkenal di Le Mans 24 jam, yang didasarkan pada kronograf M1-Woodward Avenue pembuat jam.

Sekadar diketahui, M1, umumnya dikenal sebagai Woodward Avenue, yakni jalan raya utara-selatan utama yang menghubungkan sebagian besar Wilayah Metro Detroit yang lebih besar. Ini adalah salah satu jalan tertua di Michigan tempat budaya otomotif mengakar di AS.

Tidak hanya itu, selain menjadi rumah bagi salah satu pabrik Ford pertama, juga merupakan salah satu jalan pertama tempat lahirnya balapan. Oleh karena itu, wajar saja jika model jam tangan ini, yang sangat terkait dengan dunia balap, akan menjadi basis untuk penunjuk waktu baru Nomor 20, Nomor 9, dan Nomor 6.

Dinamai setelah Gulf-liveried Porsche 917K buatan aktor Steve McQueen menjadi bintang sejati pada tahun 1971 dalam film Le Mans-nya yang terkenal, jam tangan Number 20 meminjam estetika mobil. Warna livery juga ada di chronograph, karena dialnya ditutupi dengan baby blue yang disilangkan oleh garis oranye.

Beberapa tahun kemudian setelah pembuatan film, hasil dari 24 Hours of Le Mans 1968 sukses besar, dengan Pedro Rodríguez dan Lucien Bianchi memiliki keunggulan jelas atas Porsche, mengendarai mobil balap nomor 9. Terinspirasi oleh Ford GT40, sasis #1075, jam tangan yang memiliki nomor pemenang yang sama pada dialnya, juga menampilkan warna 'Gulf Oil' yang spesifik.

Setahun kemudian, nomor 6 memimpin kemenangan dengan Jacky Ickx dan Jackie Oliver di belakang kemudi. Ini adalah kedua kalinya mobil yang sama, Ford GT40 #1075 yang dijuluki 'Nyonya Tua/Old Lady', menang dua tahun berturut-turut. Pencapaian itu pertama kali dikaitkan dengan Bentley Speed ​​Six, yang memenangkan perlombaan pada tahun 1929 dan 1930. Terinspirasi oleh nomor pemenang, dial arloji juga memiliki nomor 6 yang ditampilkan di tengah garis oranye tertentu.

Didukung oleh Swiss Valjoux Eta 7750 Automatic, ketiga jam tangan ini dapat bekerja selama dua hari berturut-turut pada 28.800 getaran per jam (vph). Untuk menyempurnakan tampilan, pembuat jam melapisi indeks jam dengan Superluminova dan menambahkan tali kulit anak sapi dengan jahitan oranye.

M1-Le Mans Classic Chrono tersedia dalam ukuran 42mm dan 44mm, potongan-potongan yang terinspirasi oleh mobil balap tahun 60-an dan 70-an ini terdaftar di situs Detroit Watch Company dengan harga $1.995 atau sekitar Rp28,7 juta. [asl/timBX]

Tags :

#
m1-le mans classic chrono,
#
jam tangan,
#
rekomendasi jam tangan,
#
detroit watch company