MENU
icon label
image label
blacklogo

Legenda Marvel, Stan Lee Tutup Usia

NOV 13, 2018@10:45 WIB | 390 Views

Anda tentunya pernah menyaksikan Iron Man, Spider-Man, Thor, Captain America, dan sejumlah karakter Marvel beraksi di film Avengers. Kekuatan yang mereka miliki mampu menghalau makhluk alien yang hendak menyerang bumi. Akhirnya, kisah para Avengers ini mesti menggantung setelah Thanos berhasil menjentikkan jarinya dan menghapus setengah populasi di alam semesta.

Tahukah Anda siapa sosok dibalik munculnya seluruh karakter dalam Marvel? Dialah Stan Lee. Ia adalah seorang publisher, editor, dan penulis yang menjadi cikal bakal Marvel hingga saat ini. Stan Lee dikabarkan tutup usia pada usia 95 di Los Angeles.

Stan Lee lahir di Manhattan pada 28 Desember 1922 dengan nama asli Stanley Martin Lieber. Ia kemudian mengganti Lieber menjadi Lee pada tahun 1970. Karirnya dimulai ketika bergabung di Timely Publication. Di sana, ia bekerja sebagai penulis dan editor, terutama untuk genre superhero.

Stan Lee sendiri memulai kiprah Marvel ketika menciptakan karakter Fantastic Four bersama dengan Jack Kirby di tahun 1961. Kala itu, konsep mengenai sekelompok manusia yang memiliki kekuatan super setelah terpapar sinar kosmik berhasil meraih atensi para penggemar komik. Melalui Fantastic Four, Stan Lee hendak menghadirkan sosok pahlawan super yang tidak kehilangan kemanusiaannya.

Kemudian, masih bersama Jack Kirby, Stan Lee menciptakan The Incredible Hulk, kisah mengenai manusia yang bertransformasi menjadi monster setelah terkena radiasi sinar Gamma. Selanjutnya di tahun 1962, Spider-Man lahir di tangan Stan Lee dan Steve Ditko.

Tak terhitung banyaknya karakter yang berhasil diciptakan Stan Lee bersama dengan beberapa artis legenda pada masanya. Setidaknya ada X-Men, Iron Man, Daredevil, Thor, dan tentunya Spider-Man. Stan Lee akhirnya berhenti menulis di tahun 1972. Kendati pun berhenti, Ia masih didapuk menjadi publisher dan pemimpin spiritual Marvel untuk jangka waktu yang panjang.

Hidup tidak selamanya mudah. Setidaknya  itulah frasa yang bisa menggambarkan kehidupan Stan Lee. Ia beberapa kali tersandung masalah, terutama dengan Marvel dan keluarganya sendiri.

Stan Lee mendirikan POW! Entertaiment. Sayangnya meski film Marvel dan serial TV superhero Marvel ditayangkan, Stan Lee tidak memperoleh sepeser pun pendapatan dari sana. Baru pada tahun 2005, Stan Lee berhasil menang pengadilan dan mendapatkan uang ganti rugi sebesar US$ 10 juta.

Di tahun 2018, masalah kembali menerpa Stan Lee. Ia menuntut seorang pengacara, pengasuh, dan seorang dealer dalam memorabilianya dengan tuduhan “elder abuse”. Ia menyatakan bahwa ketiganya sengaja mendekati putrinya untuk tujuan tersembunyi, yakni meraih kendali atas aset, properti, dan uangnya. Belakangan ia mencabut tuntutan tersebut. Namun, ketiga tertuduh diberhentikan dan dibatasi aksesnya ke Stan Lee.

Pada akhirnya, legenda Marvel ini mesti tutup usia. Warisannya akan terus ada selama Marvel masih berkarya. Selamat jalan, Stan Lee! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktrend,
#
marvel,
#
mcu,
#
stan lee,
#
rip stan lee