MENU
icon label
image label
blacklogo

Kolaborasi Terakhir Nike SB Dunk Tahun Ini: “First Ave”

DEC 06, 2021@13:30 WIB | 200 Views

Bekerjasama dengan Familia Skateshop dengan inspirasi dari Hall Konser dan Prince.

Nike mengumumkan tanggal rilis untuk sepatu kolaborasinya, kali ini dengan Familia Skateshop. Sepatu dengan nama Dunk Low Pro SB “First Ave” ini menjadi sepatu kolaborasi Nike Dunk terakhir untuk tahun ini. Sepatu ini pertama kali dikeluarkan dibocorkan pada bulan uni lalu dan pernah dirumorkan akan dihentikan untuk alasan yang tidak diketahui. 

Sepatu ini dibuat untuk penghormatan nighclub legendaris First Avenue di Minneapolis, sebuah hall konser yang baru saja merayakan ulang tahun ke-50-nya. Tempat ini terkenal sebagai tempat penting budaya musik di kota dan paling dikenal sebagai latar untuk potongan terakhir dalam MV lagu Purple Rain dari Prince.

Prince memang memiliki hubungan erat dengan First Avenue. Bahkan fans penyanyi tersebut sering salah paham idol mereka memiliki nightclub tersebut akibat saking seringnya Prince tampil di First Avenue. Prince adalah seorang musisi terkenal asal Amerika yang terkenal dengan lagu Purple Rain (1984) untuk soundtrack film dengan judul yang sama dari Warner Bros.

Seperti judul lagu di atas, sepatu ini memiliki warna utama hitam dan detail ungu di berbagai titik. Bahan nubuck menjadi dasar sepatu dengan warna hitam. Di bagian belakang sepatu, ada desain menyerupai dinding bata hitam dan hiasan bintang putih di dekat sol. Hal ini merupakan referensi dari dinding eksterior First Avenue.

Detail bintang juga dibuat di bagian depan sepatu dalam bentuk lubang kecil yang bertebaran. Bagian ujung sepatu toe cap dan eyestay ini dilapisi dengan bahan kulit reflektif hitam gelap yang di-highlight dengan cat yang bisa memudar. Logo Swoosh sendiri dibuat reflektif seperti bagian heel.

Di dalam sepatu, material serupa velvet dipakai untuk menirukan tali-tali yang ada di luar nightclub. Footbednya sendiri menampilkan logo Familia Skateshop dan Nike SB. Di atasnya, ada gambar tiket ungu khas tempat tersebut dengan tanggal tertera 3 April 1970. Ini adalah tanggal grand opening First Avenue pertama kali. 

Selain itu, ada juga tulisan yang menegaskan sepatu ini adalah kolaborasi spesial untuk perayaan 50 tahun First Avenue. Tidak sulit untuk menyakinkan bahwa sepatu ini sebetulnya direncanakan untuk perilisan tahun lalu. Untuk tali sepatu, Nike menyediakan tali sepatu ungu yang senada dengan detail-detail di garis sepatu dan bagian reflektif ungunya. Selain itu, ada juga cadangan tali sepatu berwarna putih dan hitam.

Detail sepatu hitam ini dikenalkan langsung oleh David Baluetile, desainer konsep First Ave dalam sebuah video breakdown. Sepatu ini dijadwalkan rilis pada 11 Desember mendatang dan akan dijual eksklusif di Skate-Shop. Harganya diprediksi sekitar $100 atau sekitar Rp 1,4 juta. [eve/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
familia skateshop,
#
nike,
#
nike dunk low pro sb first ave,
#
nike dunk,
#
nike sb dunk