MENU
icon label
image label
blacklogo

Kebut Mobil di Medan Off road ala Sprint Rally | GamesRoom - S2 • E5

DEC 31, 2021@20:00 WIB | 121 Views

BlackPals pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu kategori dalam olahraga yang cukup memacu adrenalin, yaitu Rally. Rally sendiri merupakan salah satu jenis balapan yang diselenggarakan di jalanan dengan kontur yang bermacam-macam, dari mulai aspal mulus, tanah, hingga yang berkerikil.

Nah di Gamesroom kali ini, tim BlackXperience berkesempatan untuk berkunjung ke kejuaraan rally di Stage Park Sentul, eits tapi ini bukan kejuaraan rally, melainkan Kejuaraan Nasional Sprint Rally yang saat ini sudah berada di putaran ketiga. Sebenarnya apa sih Sprint Rally itu sendiri?. Tim BX akan mengupas tuntas segala hal tentang Sprint Rally.

Berlokasi di Stage Park yang berada di Sentul, Tim BX berbincang-bincang dengan salah satu dedengkot yang sudah banyak makan asam garam di dunia Sprint Rally, Hardy Sitorus dari Banteng Motorsport. Menurut Hardy, Sprint Rally merupakan salah satu cabang dari rally itu sendiri, tetapi perbedaanya adalah jarak treknya lebih pendek dan hanya memiliki 2-3 SS per harinya. Spesifikasi Mobil Sprint Rally dan Rally biasa/jarak jauh tidak ada ada yang berbeda.

Sprint Rally juga memiliki beberapa kelas, yaitu:
Kelas F (Mobil dengan penggerak roda depan): F1 (cc kecil), F2 (cc sedang), F3 (cc besar).
Kelas R (Mobil penggerak roda belakang): Mobil-mobil bertipe retro.
Kelas M (Mobil pabrikan penggerak AWD)
Kelas J (Mobil bertipe Jeep): J1, J2, J3, semakin besar angkanya semakin besar cc-nya

Kelas-kelas ini terkadang berubah tergantung regulasi dan juga permintaan para komunitas yang mengadakan kejuaraan Sprint Rally. Hardy memiliki tips, trik, dan juga saran untuk BlackPals yang ingin belajar dan mencoba Sprint Rally, seperti meminta bantuan dan arahan dari yang sudah berpengalaman, jaga ketenangan dalam diri, faktor safety harus diperhatikan, dari mulai pakaian, safety belt, helm, kondisi mobil, dan jangan bergantung kepada mekanik, kita harus bisa sendiri mengecek safety gear kita, yang terakhir asah terus skill kita.

Selain tips dasar tadi, Hardy juga tidak pelit untuk berbagi trik ketika sedang balapan. Dalam Sprint Rally trek sudah pasti tidak akan lintasan lurus terus, tapi ada juga tikungan-tikungan, nah, Hardy membagikan trik ketika melakukan cornering di trek Sprint Rally. Ketika melakukan cornering posisi mobil harus sangat diperhatikan, ketika melewati tikungan ke arah kiri, maka mobil harus berposisi di sisi kanan trek, begitu pula sebaliknya, koordinasi dengan navigator juga harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan membaca jalur. 

Untuk safety gear balapan, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rally biasa. BlackPals harus menggunakan: helm, wearpack, sepatu, jok bucket, sabuk pengaman, dan communicator. Untuk BlackPals yang masih pemula, lebih baik menggunakan mobil dengan cc kecil (1500cc-1600cc) terlebih dahulu, agar lebih mudah untuk dikendalikan, ketika sudah terbiasa baru bisa beralih ke cc yang lebih besar. Suspensi adalah hal pertama yang harus diperhatikan BlackPals jika ingin menggunakan mobil untuk rally, kemudian gearbox, dan komputasi harus diubah menyesuaikan spesifikasi rally. [leo/ timBX]

Tags :

#
gamesroom,
#
sprint rally,
#
rally