MENU
icon label
image label
blacklogo

Instagram Kini Mendukung ProRAW Apple

DEC 23, 2020@14:30 WIB | 503 Views

Salah satu fitur baru yang diperkenalkan Apple dengan perangkat iPhone terbarunya adalah "format" baru yang disebut ProRAW. Meskipun begitu, ini sebenarnya bukan format baru, melainkan suatu hal yang masih didasarkan pada format gambar RAW. Beberapa awalnya bertanya-tanya tentangnya, dan apakah itu hanya dapat digunakan antara perangkat iOS dan Mac, tetapi ternyata tidak demikian. Dengan kata lain, "format" baru yang disebut ProRAW tersebut kini bisa didukung oleh yang selain aplikasi dari Apple, yang mana itu adalah Instagram.

Pernyataan tersebut diatas, didasarkan atas cuitan Tim Johnsen, salah satu anggota tim di divisi iOS Instagram. Dalam cuitan terkait fitur ProRAW, Tim dengan jelas mengungkapkan bahwa Instagram yang sekarang akan mendukung gambar ProRAW. Artinya, pengguna yang memilih untuk mengambil gambar dalam ProRAW akan dapat langsung mengunggahnya ke platform Instagram alih-alih harus mengonversinya ke format lain seperti PNG atau JPG.

" Instagram should able to handle sharing ProRAW photos as of this morning, may take a bit to propagate out, " demikian cuit Tim Johnsen.

Untuk saat ini belum jelas apa arti dukungan tersebut karena menurut Tim Johnsen, tampaknya pengguna tidak akan bisa mengedit gambar ProRAW di aplikasi Instagram. Sebagai gantinya, pengguna perlu mengeditnya menggunakan aplikasi yang berbeda, seperti editor gambar bawaan Apple, atau Lightroom, sebelum mereka mengunggahnya ke Instagram.

Dan mungkin Instagram akan membuat beberapa perubahan pada editor bawaannya di masa mendatang untuk mendukung pengeditan file gambar RAW (dan ProRAW), tetapi untuk saat ini, Instagram hanya mendukung pengunggahan gambar ProRAW Apple dan memungkinkannya untuk ditampilkan dengan benar. Jadi, bagi pengguna perangkat Apple kini sudah bisa langsung mengunggah file gambar ProRAW pada aplikasi Instagram tanpa harus repot mengubahnya dahulu ke dalam forma PNG atau JPG.  [inn/asl/timBX]

Tags :

#
proraw apple,
#
fitur instagram,
#
apple