MENU
icon label
image label
blacklogo

Inovasi Nike, Ciptakan Sepatu dari Desain Tangan ke Teknis 3D

MAY 29, 2020@19:38 WIB | 418 Views

Desain yang tidak terduga dan hal rinci buatan tangan adalah keunggulan dari Nike Air Zoom Type baru. Bentuk sepatu ini tak jauh beda dari prototipe awalnya, Nike Air Zoom Alphafly Next%. Menurut Nike, alasan diciptakan model sepatu ini yaitu karena jenis Zoom Udara dirancang, untuk mengatasi tekanan pada tubuh dan kaki selama sehari penuh.

Sepatu ini memiliki dua pod Air Zoom di kaki depan dan alas TPU yang mendukung melalui midsole-nya. Kedua elemen teknis ini ditempatkan di dalam busa yang empuk dan membantu menciptakan sensasi yang baru ketika berjalan. Pilihan material, dan detail membuat pendekatan yang tak biasa Nike terhadap desain kinerja, dengan memperhatikan solusi progresif untuk semua atlet.  

"Kami menggunakan prototipe asli, sedikti diubah dan kemudian merekayasa balik untuk dipakai sehari-hari. Sebagai contoh, alas TPU memberikan beberapa modulasi dari pelat karbon Alphafly, tetapi tidak memberikan sisi agresif seperti sensasi goyang," kata Lee Gibson, Kepala Desain Nike. 

Penggunaan alat cetak 3D (digunakan untuk prototipe midsole / outsole) sangat penting untuk proses desain yang baik agar tidak terjadi kesalahan dan gangguan sehingga mampu menyelesaikan desain akhir.

Secara estetika, tujuan utama Air Zoom cetak 3D ini adalah untuk sedekat mungkin mirip dengan prototipe buatan tangan yang dibuat di Beaverton, Oregon. Nike Air Zoom Type dikabarkan akan dirilis pada 5 Juni 2020 mendatang

"Kami menggunakan ide inovasi ini dengan menyusun konsep dan ide awal, yang pada akhirnya menghasilkan versi yang bagus mulai dari kasar hingga produk jadi,” lanjut Gibson.[prm/timBX]

Tags :

#
blacktrend,
#
nike,
#
nike air zoom,
#
inovasi,
#
cetak 3d