MENU
icon label
image label
blacklogo

Ga Perlu Balap Liar, Pindah Virtual Aja Melalui HRSC ke-3 Aja

AUG 02, 2022@10:35 WIB | 99 Views

DNA balap Honda diperjelas massive-nya pemilik mobil bermerek H ini melakukan modifikasi di sektor engine, hingga pada tahap tertentu benar-benar buat balap. Honda Prospect Motor yang mengusung tagline Everyone Can Race juga menambah jenjang karir balap di dunia melalui, Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim ke-3 dengan melibatkan peserta internasional.

Pendaftaran untuk babak kualifikasi sudah dibuka sejak 26 Juli dan ditutup hingga 18 Agustus 2022 nanti. Jumlah peserta terjaring 118 peserta dari domestik hingga mancanegara.  Sementara waktu kompetisi HRSC dimulai tanggal 27 Agustus hingga 26 November 2022, yang disiarkan melalui akun youtube @Hondaisme.

Peserta dianjurkan menggunakan program simulator balap dengan Rfactor2, dengan mengunduh game “Rfactor 2” melalui situs https://store.steampowered.com/. Setelah itu, peserta dapat mengisi form pendaftaran di https://discord.gg/5C8KCdh dan wajib memenuhi beberapa syarat, diantaranya yaitu memiliki alat simulator, game “Rfactor 2” dan mempunyai akun di situs Steam. Acara HRSC musim ketiga ini menggandeng HMengineering yang cukup berpengalaman mengorganisir balap simulator secara domestik dan global. 

Yulian Karfili, PR dan Digital Manager Honda Prospect Motor menegaskan, "Peserta cukup berbakat dan partisipan cukup banyak di Indonesia. Kami ingin acara HRSC menjadi ajang prifesional dan tantangan bagi pegiat simulator. Tahun ini kompetisi diselenggarakan secara internadional, bukan hanya peserta regional, dengan menggandeng partner kita Wincos, Eneos, Faurecia Clarion." 

Sedangkan menurut Adhi Parama Sugardha, Communication Strategy Senior Manager HPM, Honda Racing menambahkan secara milestone balap Honda diselenggarakan secara offline sejak tahun 2002. "Secara online, tahun 2020 HRSC pertama diselenggarakan dengan total hadiah Rp60 juta, dan HRSC 2021 total hadiah menjadi 100 juta. Dengan unit Honda Civic Tubro, Honda City Hatchback dan  Brio Urbanite RS. Ketiga mobil  itu bisa dipilih dan menjadi tahapan challenge," terangnya menegaskan total hadiah HRSC musim ke-3 ini lebih dari Rp100 juta.  

Pihak sponsor dari Wincoss, Fajar Sholihin,  "Kita kembali mensupport gelaran Honda Racing Simulator Championship 3 dengan harapan jumlah peserta menambah, dan diikuti oleh peserta asing. Kita berharap lahir pemenang baru di HRSC musim 3 ini."

Jammy Setiawan dari Eneos Indonesia. "Kami sadar Ini menjadi balapan esport, tahun kedua ini kami memberikan sponsor ke Honda karena antusias masyarakat makin kuat. Kami cukup merasa bersinergi dengan unit mobil yang cukup digemari kawula muda, Kami mendukung HRSC dan balap offline di Lemans. Kami ingin Eneos semakin dikenal di masyarkat Indonesia. Saat ini Kami punya 23 distributor di Indonesia."

Renaldi dari pihak Clarion, "Kami mengikuti misi dan visi balap Honda Prospect Motor. Simulator menjadi kegiatan positif, kebiasaan balap liar bisa disalurkan ke dunia kejuaraan yang positif, baik HRSC makin banyak penggemarnya."

Sementara Rama (Andika Rama Maulana)  yang didaulat sebagai Pemenang tahun pertama dan tahun kedua HRSC. 

"Sebagai pemenang, saya harus melakukan persiapan harus secara matang, saya butuh adjust driving eksperience dan gaya balap saya. Untuk peserta HRSC yang paling penting dalam balap simulator adalah braking point, after cornering, mengurangi understeer saat mobil sudah ga mau belok."

Dengan tagline Every One Can Race, bagi yang tidak punya mobil balap, ya balap di virtual aja dulu. Kita juga menerjunkan tim HRT, untuk melibatkan pembalap profesional. Setiap peserta yang menang dari kelas Brio, top five bakal naik ke kelas City Hatchback. Begitu juga dengan next step. Untuk juara tahun lalu tidak perlu melakukan pre kuakifikasi, namun untuk kelas bawahnya bisa diikuti untuk mendapatkan previlledge. 

Untuk season ketiga sudah diikuti pembalap dunia.  Kelas Type R pembalap yang ikut hanya 35 orang, dan maksimum hanya 105 orang dari tiga kelas tersebut.  Sementara transisi pembalap online memang belum terkoneksi dengan pembalap offline. Artinya pembalap online belum punya karier ke balapan offline, tahapan masih sebatas monitoring harapannya ada 205 peserta yang dapat terseleksi sebagai 105 pembalap.  Jawa timur 5 orang peserta lalu, sekarang berkembang menjadi 10 orang pembalap.  [Ahs/timBX]

Jadwal Lengkap HRSC 3:

Seri

Jadwal

Sirkuit

Seri 1

27 Agustus 2022

Sirkuit Zandvoort (National), Belanda

Seri 2

24 September 2022

Sirkuit Istanbul, Turki

Seri 3

15 Oktober 2022

Sirkuit Road Atlanta, Amerika Serikat

Seri 4

29 Oktober 2022

Sirkuit Hockenheimring, Jerman

Seri 5

12 November 2022

Sirkuit Oulton Park, Inggris

Seri 6

26 November 2022

Sirkuit Suzuka, Jepang

Keterangan Perolehan Poin Setiap Seri:

Posisi

Poin

Posisi

Poin

1st

25 poin

9th

7 poin

2nd

20 poin

10th

6 poin

3rd

16 poin

11th

5 poin

4th

13 poin

12th

4 poin

5th

11 poin

13th

3 poin

6th

10 poin

14th

2 poin

7th

9 poin

15th

1 poin

8th

8 poin

Tags :

#
honda racing simulator championship,
#
hrsc ke-3,
#
honda prospect motor,
#
honda brio urbanite rs,
#
honda city hatchback,
#
honda civic type r,
#
hmengineering