MENU
icon label
image label
blacklogo

Film Joker Baru Tidak Akan Mengadaptasi Komik Sama Sekali

JUL 12, 2019@16:10 WIB | 392 Views

Penulis sekaligus sutradara film Joker yang akan datang, Todd Phillips mengatakan bahwa filmnya tidak mengikuti apapun dari buku komik, meski ia tahu itu akan membuat banyak orang marah. Joaquin Phoenix akan memainkan inkarnasi sinematik terbaru dari penjahat Batman yang terkenal, Joker, dalam film Phillips yang akan datang. Seperti yang sudah disebut, sang sutradara menjanjikan bahwa karakter ini akan sangat berbeda dari versi-versi sebelumnya.

Untuk satu hal, pandangan Phillips dan Phoenix pada Joker akan menjadi cerita asal penuh, sesuatu yang belum pernah dicoba di layar sebelumnya (Batman arahan Tim Burton memang menunjukkan bagaimana Jack Napier (Jack Nicholson) menjadi Joker, tetapi itu hanya sebagian kecil dari cerita). Film ini juga akan menghadirkan karakter yang jauh lebih keras dan realistis, terinspirasi oleh segala sesuatu dari The King of Comedy karya Martin Scorsese hingga pertunjukan polisi tahun 70-an dan 80-an. Teaser awal dari film tersebut telah memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana Phoenix akan menangani versinya tentang karakter ikonik tersebut, dan memang itu terlihat sangat berbeda dari inkarnasi sinematik sebelumnya.

Sekarang, dalam sebuah wawancara dengan majalah Empire, Phillips telah menunjukkan bahwa Joker-nya tidak hanya akan berbeda dari versi film sebelumnya, juga akan sangat berbeda dari versi buku komik. Bahkan, menurut Phillips, dia dan Phoenix tidak hanya menyimpang dari Joker DC Comics, mereka mengabaikan buku komik sepenuhnya. Luar biasanya dia sangat menyadari bagaimana keputusan ini dapat berdampak negatif pada persepsi penggemar tentang filmnya.

“Kami tidak mengikuti apapun dari buku komik, yang mungkin akan membuat orang-orang marah. Kami baru saja menulis versi kami sendiri dari mana orang seperti Joker mungkin berasal. Itu yang menarik bagi saya. Kami bahkan tidak melakukan Joker, tetapi kisah menjadi Joker. Ini tentang pria ini," katanya dalam sebuah wawancara.

Tentu saja, seperti yang diketahui Phillips, sudah ada sejarah panjang penggemar yang kesal dengan cara Joker digambarkan di layar. Banyak penggemar tidak menyukai penggambaran Nicholson tentang karakter itu di film Burton, Batman yang kelam dan muram, dan bahkan lebih banyak penggemar yang kecewa dengan versi gangster Joker oleh Jared Leto di Suicide Squad. Satu-satunya versi film dari Joker yang disukai nyaris universal adalah yang ditawarkan oleh Heath Ledger di The Dark Knight.

Setelah melihat bagaimana penggemar bersemangat akan penggambaran karakter Joker, Phillips jelas menyadari bahwa dia sedang menginjak ranah berbahaya dengan membuang buku-buku komik sebagai bahan sumber dan pada dasarnya membangun kembali karakter dari bawah ke atas. Masih harus dilihat apakah para penggemar pada akhirnya akan menerima pandangan baru tentang penjahat ikonik itu, atau jika mereka akan mengamuk dengan cara Phillips dan Phoenix yang menyimpang dari Joker di komik.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
joker,
#
joaquin phoenix,
#
todd phillips,
#
batman