MENU
icon label
image label
blacklogo

Film Dokumenter David Bowie yang Digarap Brett Morgen akan Menampilkan Banyak Unseen Footage

NOV 19, 2021@14:45 WIB | 260 Views

Sebuah film dokumenter baru akan mengangkat kisah tentang ikon dari musik glam rock, David Bowie, film dokumenter ini akan dibuat oleh Brett Morgen dan akan diambil dari ribuan jam rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya. Morgen adalah sutradara film dokumenter yang sudah terkenal dengan beragam film, seperti Jane, Kurt Cobain: Montage of Heck, dan Chicago 10. Film dokumenternya di tahun 1999, On the Ropes, membuat sang sutradara mendapatkan nominasi Oscar.

Bowie adalah salah satu tokoh yang paling dikenal dan berpengaruh dalam blantika musik rock, dan selama bertahun-tahun banyak upaya telah dilakukan untuk membawa persona eksentriknya ke layar lebar. Tahun lalu, film biografi berjudul Stardust dirilis tanpa persetujuan dari sang bintang. Film tersebut tidak diberikan hak atas musik Bowie, sehingga aktornya (diperankan oleh Johnny Flynn) hanya menampilkan cover di sepanjang film. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, pasangan Bowie, Iman, mengatakan bahwa, mereka tidak tertarik dengan film biografi tentang Bowie.

Untungnya, film Morgen yang saat ini belum diberi judul sudah mendapatkan dukungan dari pihak Bowie. Menurut laporan terbaru dari Variety, sang sutradara telah mengerjakan proyek tersebut selama empat tahun secara diam diam, dan itu akan diambil dari ribuan jam cuplikan konser yang belum pernah dirilis. Film ini dilaporkan akan mendorong batas-batas pembuatan film dokumenter, karena sumber yang dekat dengan proyek menggambarkannya sebagai “bukan dokumenter atau biografi, tetapi pengalaman sinematik mendalam yang dibangun di atas ribuan jam materi yang belum pernah dilihat sebelumnya.”.

Detail lebih lanjut dari film dokumenter ini masih tertutup rapat, cuplikan konser yang belum pernah dilihatnya sudah pasti akan menjadi elemen sentral dari film dokumenter tersebut. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Morgen sedang mempertimbangkan untuk merilis film tersebut dalam format IMAX, dan film tersebut dapat memulai debutnya pada Festival Film Sundance di bulan Januari. Tim sound design dan mixing terdiri dari banyak peraih Oscar yang bekerja pada film seperti Bohemian Rhapsody (2018) dan Ford v Ferrari (2019). Khususnya, kolaborator lama Bowie, Tony Visconti, juga akan terlibat dalam proyek tersebut sebagai produser musik.

Sebuah film dokumenter berbasis konser tentang David Bowie yang disutradarai oleh pembuat film dokumenter berkualitas, sudah pasti akan membuat para fans David Bowie semakin penasaran. Terlebih lagi fakta bahwa film tersebut menggunakan cuplikan yang belum pernah dilihat sebelumnya dan juga berpotensi ditayangkan dalam format IMAX membuat proyek ini semakin menarik. Sulit membayangkan film ini tidak menjadi pesaing untuk nominasi Oscar di tahun 2023. Bowie dikenal karena pertunjukan panggungnya yang unik dan penuh warna, akan semakin menarik jika konser tersebut ditayangkan dalam format IMAX.. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
david bowie,
#
brett morgen,
#
film dokumenter,
#
rekomendasi film,
#
berita film