MENU
icon label
image label
blacklogo

Electric Scooter with Minimotors Indonesia

APR 30, 2021@13:00 WIB | 854 Views

Susah dibayangkan memang, tapi nowadays, kendaraan listrik is just around the corner. Banyak produsen khususnya mobil sudah meluncurkan kendaraan listrik versi mereka masing-masing. Kendaraan listrik sendiri tentu tidak berhenti hanya pada mobil atau motor saja, melainkan kendaraan lain seperti skateboard dan skuter.

Nah, di GamesRoom episode kali ini, tim BlackXperience hangout dengan Minimotors Indonesia yang merupakan pengguna skuter listrik brand Dualtron. Bertemu langsung dengan Febian Mulyadi selaku ujung tombaknya, kita membahas mengenai tren EV khususnya personal electric vehicle yang mulai tren beberapa tahun belakangan.

Menurut Febian, personal electric vehicle memiliki beragam jenis “Ada yang biasa kita sebut electric skateboard yang pada dasarnya adalah skateboard bermesin listrik alias tak perlu dikayuh, electric unicycle atau kendaraan listrik satu roda, dan skuter yang biasa kita liat di jalan dengan deck serta handle bar post.”

“Minimotors Dualtron termasuk salah satu pabrikan dengan line up skuter, setidaknya sudah ada tujuh jenis produk dari brand Korea yang sudah luncur di Indonesia,” ungkap Febian. Mengenai part dari skuter dan bedanya dari personal EV lainnya Febian menambahkan, “bagian dari skuter termasuk deck untuk pijakan kaki, handle bar, controller, accelerator, baterai, motor dan ban.”

Untuk tujuh produk Dualtron ini memiliki bentuk yang sama yaitu tipe skuter, namun masing-masing hadir dengan spesifikasi motor dan baterai yang berbeda. Nah, salah satu yang paling spesial adalah seri Dualtron X2 yang memiliki motor 8400 watt dan baterai yang cukup hingga perjalanan 150 kilometer dan ia juga memiliki top speed 130 kpj.

Berbicara mengenai penggunaannya saat ini menurut Febian belum ada regulasi yang jelas. “Karena belum ada regulasi yang jelas kita masih mengikuti regulasi sepeda saat kita berkendara.” Melaju dengan kecepatan kencang tentu saja rider butuh pengamanan, dan menurut Febian, “Minimal kita harus menggunakan helm, sepatu, knee dan elbow protector.”

Sedangkan untuk tips berkendara menggunakan electric scooter, Febian menyampaikan jika menurutnya, Dualtron merupakan jenis yang gampang dipelajari, tak seperti electric skateboard maupun EUC. “Mulai pelan dulu, belajar keseimbangan baru gain speed bila kita sudah mampu mengendalikan, ya untuk sekedar jalan, coba satu jam juga sudah bisa.” Tutupnya. [leo/timBX] 

Tags :

#
electric scooter,
#
skuter listrik,
#
electric vehicle

RELATED ARTICLE