MENU
icon label
image label
blacklogo

Custom Mobil Miniatur ala Diecast Highlights

MAY 10, 2021@21:30 WIB | 3,329 Views

GamesRoom season dua kembali dengan konten khas big boys toys dan kali ini tim BlackXperience bertandang ke markas Diecast Highlights Indonesia untuk mengupas hobi unik satu ini. Dari namanya, diecast highlights, bisa diterka jika hobi ini berhubungan dengan mobil miniatur yang biasa dikoleksi pehobi.

Nah, ternyata tak hanya koleksi dan mengumpulkan mobil miniatur, Diecast Highlights adalah sebuah komunitas yang lebih bergerak agresif di ranah custom diecast. Terbilang hobi yang masih jarang, lebih uniknya lagi, Diecast Highlights menggunakan media mobil miniatur skala 64 ala Hotwheels.

Diecast Highlights berdiri awalnya lewat komunitas kolektor dan customizer yang sering berkumpul. Lalu Diecast Highlights sendiri sekarang menjadi wadah bagi pencinta custom diecast dan customizer untuk menuangkan karyanya lewat platform YouTube. “Kita ini lebih ke-lifestyle custom diecast ya, termasuk customizer, produk-produknya, tutorial, yang kita angkat memang gaya hidupnya.” Ungkap Irwan, dedengkot Diecast Highlights.

Ketika ditanya alasan menggunakan media skala 1:64, Rizki atau biasa dikenal dengan nickname Bang Fer mengungkapkan “Skala 64 itu udah keluar lama, udah jadi culture custom tersendiri dan brand yang paling kuat image-nya adalah Hotwheels, walau ada brand lain yang tak kalah keren seperti Majorette, Tomica, Matchbox, dan Real Toys.”

Mengingat ukurannya yang lebih kecil daripada diecast lainnya, untuk custom skala 64 diakui butuh skill khusus terutama ketelitian. Menurut Irwan “namun skala besar dan kecil semuanya memerlukan perhatian lebih ke detail, tak hanya di skala 64, justru skala yang lebih besar pun butuh perhatian mengingat medianya yang besar, dimana cenderung terlihat jika pengerjaan kurang rapi.”

Proses dalam custom sesungguhnya cukup pendek, Bang Fer menjelaskan, “Setelah kita memilih konsep, kita lanjut ke proses lepas rangka dari body atau biasa disebut unrivet, setelah itu pengelupasan cat asli menggunakan cairan khusus. Lanjut, mengerjakan bodyworks sesuai dengan konsep termasuk mengikis dan menambah body dengan bahan epo putty, lalu ke kaki-kaki dengan mengganti velg yang sesuai konsep, serta memastikan mobil ini tetap dapat berjalan dengan modifikasi yang telah dilakukan.”

Tak berhenti di situ, Bang Fer menambahkan juga beberapa komponen dan polesan pada interior agar tampak seperti mobil aslinya. Setelah semuanya selesai, proses selanjutnya adalah pengecatan body dan detail menggunakan sprayer dan juga kuas. Selain untuk kepuasan pribadi, customizer pada umumnya juga ikut kejuaraan yang memang sudah lama establish, dan juga bisa menjualnya ke peminat lain. [leo/timBX]   

Tags :

#
gamesroom,
#
diecast