MENU
icon label
image label
blacklogo

Canggih! Pakai Spotify Jadi Lebih Mudah dan Simple dengan Alexa

MAR 29, 2021@13:00 WIB | 248 Views

Musik bagi sebagian orang rasanya sudah menyatu dalam diri mereka. Salah satu perangkat yang digunakan untuk menemani keseharian dengan musik adalah Spotify.  Aplikasi musik yang hadir dengan berbagai kumpulan lagu dan podcast sudah digunakan lebih dari jutaan pengguna. 

Keunikan dari Spotify adalah kemudahan dalam menikmati musik di rumah maupun saat dalam perjalanan, membuat dan berbagi playlist khusus hingga mendengarkan secara sosial dengan layanan seperti Sesi Grup Spotify. Rasanya tidak ada kekurangan cara untuk menikmati layanan streaming musik paling populer di dunia. 

Tidak hanya itu, faktanya masih ada keunggulan lain yang bisa dilakukan dengan menautkan Spotify dan speaker Alexa untuk kenyamanan yang lebih baik. Perangkat Alex memiliki kemampuan seperti Echo, Echo Dot, atau salah satu dari berbagai speaker pintar pihak ketiga yang bekerja dengan Alexa. 

Langkah penting dalam menghubungkan Alexa dan Spotify. 

Salah satu hal penting perlu dipahami adalah pastikan kalau kita sudah terdaftar pada layanan langganan Spotify Premium karena tingkat gratis yang didukung iklan tidak akan berfungsi dengan Alexa.

Langkah 1: Unduh aplikasi Alexa

Tanpa memiliki aplikasinya, maka kita tidak mungkin dapat tersambung, maka dari itu perlu untuk mengunduh aplikasi Alexa untuk iOS atau Android. Setelah itu, masuk dengan akun Amazon dan, apabila diperlukan buka wizard pengaturan cepat agar perangkat berkemampuan Alexa mudah dikenali oleh aplikasi.

Langkah 2: Tambahkan akun Anda

Ketika sudah masuk ke layar beranda aplikasi Alexa, ketuk lainnya pada sudut kanan bawah, diikuti oleh Pengaturan. Setelah itu, gulir ke bawah dan ketuk Musik & Podcast.

Pada layar berikutnya, aplikasi menampilkan daftar layanan yang sudah dikonfigurasi - Amazon Music pasti hampir ada - serta opsi untuk menambahkan layanan baru menggunakan tombol +. 

Setelah ditemukan ketuk tanda plus, pilih Spotify, dan masukkan kredensial akun. Ketik setuju untuk memberikan Alexa izin akses tertentu ke akunmu. Jika sudah selesai, maka muncul pesan konfirmasi, dan kita dapat menutup jendela menggunakan X di bagian atas.

Langkah 3: Atur penyedia musikmu 

Kita bisa menambahkan akun Spotify dengan memberi Alexa akses ke musik, tetapi untuk mengontrol Spotify tanpa harus terus-menerus mengingatkan Alexa untuk menggunakannya dengan menambahkan "di Spotify" ke setiap perintah, maka atur Spotify sebagai program default untuk streaming musik.

Terakhir, pada layar Musik & Podcast, ketuk Layanan Default di bawah Pengaturan. Maka  secara default, aplikasi Alexa kemungkinan besar disetel ke Amazon Music.Lalu ketuk ubah di sisi kanan halaman, pilih Spotify dari daftar layanan yang tersedia. 

Saatnya menikmati musik dengan Alexa dan Spotify untuk Anda. Adapun beberapa contoh yang dapat diminta dari daftar perintah suara musik Alexa Amazon sebagai berikut:

“Alexa, shuffle” atau “stop shuffle.”

"Alexa, hentikan" atau "jeda".

“Alexa, mainkan” atau “lanjutkan”.

“Alexa, putar musik.”

Alexa, mainkan apa yang panas di Brasil.

“Alexa, putar lagu yang mirip dengan tahun 60-an.”

“Alexa, putar [lagu / album / artis].”

“Alexa, mainkan musik [emosi].”

“Alexa, putar [nama stasiun].”

“Alexa, putar [nama daftar putar].”

Silahkan mencoba dan menikmati musik kebahagiaanmu! [dev/asl/timBX]

Tags :

#
spotify,
#
cara sambung spotify ke alexa,
#
podcast