MENU
icon label
image label
blacklogo

Bulova Chronograph Rayakan 50 tahun Pendaratan Bulan

AUG 03, 2021@18:00 WIB | 163 Views

Kemarin 50 tahun lalu, lebih tepatnya pada 2 Agustus 1971, sebuah pesawat luar angkasa berhasil mendarat di bulan. Pesawat dalam misi Apollo 15 itu membawa astronaut pertama yang menginjakkan kaki di bulan. David R. Scott adalah salah satunya. Ia pernah menuliskan dalam NASA log resmi, “Saya menemukan bahwa kristal di (arloji) Omega saya terlepas dalam EVA. Karenanya, di EVA-3, saya memakai arloji cadangan saya.”

Bulova Chronograph ref. 88510/01 adalah jam cadangan tersebut. Arloji ini pun menjadi penanda waktu yang dipakainya saat pertama kali melangkah di permukaan bulan. Uniknya jam ini akhirnya dilelang pada tahun 2015 dengan harga akhir $1.6 juta. Bila Omega Speedmaster yang dipakai pertama adalah properti pemerintah, makanya jam tangan Bulova ini adalah milik pribadi Scott. Jadi Scott berhak untuk menjualnya.

Dan hari ini, Bulova mengeluarkan lagi arloji ini khusus untuk merayakan 50 tahun pendaratan bulan. Jam yang diberi nama Bulova 50th Anniversary Lunar Pilot Limited Edition ini mereplikasi jam yang dibawa ke bulan tersebut. Mulai dari desain luar, mesin khusus untuk perjalanan luar angkasa, meteran durasi supply oksigen, isi baterai, dan sistem untuk menjaga kehidupan lain selama di sana. Case yang dipakai juga dibuat khusus untuk bertahan di bawah perubahan tekanan, suhu, kondisi atmosfer, dan gravitasi.

Tentunya ada juga perubahan-perubahan yang dilakukan agar arloji ini tetap mengikuti perkembangan zaman. Misalnya mesin yang dipakai diganti dari mesin mekanik menjadi UHF (Ultra High Frequency) quartz caliber 262 kHz (umumnya 32 kHz). Artinya arloji ini memiliki akurasi timekeeping yang sangat tinggi, hanya ketinggalan 1 detik per tahun.

Selain itu, dari bagian luar sendiri, case berukuran 45 mm ini terbuat dari bahan titanium grade 5 dengan crown dan pusher berwarna emas. Warna emas juga digunakan di ketiga sub-dial dan logo Bulova, kontras dengan warna dasarnya hitam. Jam tangan aslinya hanya stainless steel polos. Untuk angka-angkanya memakai warna putih. Tidaknya di tempat-tempat ini, warna emas juga terlihat jelas menutupi case belakang.

Di bagian case belakang ini, Anda akan menemukan ukiran Kolonel Scoot berdiri di atas bulan. Di sebelahnya adalah tulisan nama misi APOLLO 15, perayaan 50 tahun, EVA-3 berikut tanggalnya, dan nomor seri terbatas mereka. Perbedaan lain adalah pemilihan kaca sapphire dengan lapisan anti-reflektif di atasnya. Anda dapat mengenakan arloji ini dengan melingkarkan tali bergaya NATO berbahan kulit abu-abu tebalnya.

Arloji Bulova 50th Anniversary Lunar Pilot Limited Edition ini dibuat sebanyak 5000 buah jadi tiap arloji akan memiliki angka seri yang berbeda. Bulova menerapkan harga $995 untuk arloji spesial mereka kali ini. Tidak hanya mendapatkan jamnya, Anda juga akan menemukan koin NASA di dalam paket. Jam tangan ini tersedia di web store Bulova.

Meski sering dilewatkan, sebenarnya Bulova memiliki peranan penting dalam komunitas penerbangan dan misi luar angkasa. Scott memiliki arloji Bulova sebagai koleksi pribadi dan membawa ke bulan adalah salah satu tanda penting. Tidak hanya itu, ia juga muncul di beberapa perkembangan penting dalam dunia penerbangan Amerika Serikat.

Misalnya pilot dari A-12, pesawat high-altitude reconnaissance platform yang bisa mencapai kecepatan lebih dari Mach 3 dan merupakan pendahulu SR-71, memakai arloji Bulova Astronaut. Begitu pula dengan pilot pesawat X-15 yang memakai mesin propulsi yang lebih mirip dengan roket dalam program luar angkasa daripada mesin konvensional pesawat saat itu.

Jadi arloji ini dibuat bukan hanya untuk merayakan pendaratan bulan, tetapi juga mengingatkan keterlibatan Bulova dalam dunia aviasi dan luar angkasa Amerika di masa kejayaannya.[eve/shf/timBX]

Tags :

#
bulova chronograph,
#
jam tangan bulova chronograph,
#
bulova 50th anniversary lunar pilot limited edition,
#
bulova

RELATED ARTICLE