MENU
icon label
image label
blacklogo

Buka Wawasan Makanan Nabati Lewat Dokumenter “The Game Changers”

OCT 21, 2020@10:00 WIB | 156 Views

Teknologi mutakhir yang terus berkembang di abad ke-21 pada dasarnya mendorong konsumerisme global, termasuk industri makanan. Di samping konsumsi seimbang protein nabati dan hewani, sebagian percaya bahwa kebutuhan manusia sudah tercukupi dari nabati saja. Hal ini  kemudian memunculkan produk ramah lingkungan hingga aplikasi makanan nabati, dengan perusahaan teknologi memainkan peran besar untuk menciptakan dunia yang berkelanjutan.

Bagi Anda yang tertarik mengetahui seputar makanan, nutrisi, dan pola hidup sehat, ada cara mudah untuk mempelajarinya. Wawasan ini tersaji dalam dokumenter Netflix berjudul The Game Changers, sebuah fitur dokumenter pro-vegan yang digarap oleh sutradara pemenang Oscar, Louis Psihoyos. Ini menyajikan manfaat makanan nabati bagi para atlet, mencakup beberapa kisah sukses atlet nabati, referensi studi ilmiah dan sentuhan pada argumen lain yang meluas ke non-atlet.

Proyek ini makin menarik perhatian, karena selain topik yang diangkat, ada banyak nama besar yang muncul dalam kredit. The Game Changers diproduksi oleh James Cameron, Arnold Schwarzenegger, Jackie Chan, Lewis Hamilton, Novak Djokovic, dan Chris Paul.

Dokumenter The Game Changers mengikuti kisah mantan pejuang UFC James Wilks saat memulihkan diri dari cedera dan memutuskan meneliti nutrisi. Pelatih Pasukan Khusus elit dan pemenang The Ultimate Fighter ini lalu berkeliling dunia dalam upaya mengungkap diet optimal untuk kinerja manusia. Ia pun mendiskusikan temuannya dengan atlet elit yang mengikuti pola makan nabati.

Tak hanya atlet, James juga menjumpai tentara operasi khusus, ilmuwan visioner, ikon budaya dan sejumlah tokoh lainnya. Ia pun menemukan dirinya dalam pemahaman permanen tentang makanan dan definisinya tentang kekuatan sejati. Mereka yang diwawancarai di sini termasuk Alnord Schwarzenegger, Patrick Baboumian dan Dotsie Bausch.

Dokumenter ini pertama kali ditayangkan pada Januari 2018 di Sundance Film Festival. Namun butuh waktu lebih dari setahun untuk perilisan umum, yang jatuh pada September 2019. Segera sejak diluncurkan, dokumenter ini menerima ulasan positif dari pemirsa serta mendapat dukungan dari beberapa organisasi kesehatan.

Di sisi lain, dokumenter juga menerima kritik atas ketidakakuratan ilmiah dan dukungan yang dianggap tidak seimbang. Sebagian ilmuwan menilai bahwa dokumenter ini dikembangkan dari fakta yang tidak menyeluruh, seolah mengembangkan narasi hanya dari satu paragraf.

Meski demikian, beberapa selebriti secara terbuka menyatakan diri terpengaruh setelah menyaksikan dokumenter The Game Changers. Salah satunya adalah aktor Dolph Lundgren yang memutuskan untuk mengikuti pola makan vegan. Untuk Anda yang tertarik dengan topik ini, dokumenter The Game Changers dapat disaksikan di Netflix. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
the game changers,
#
teknologi inovatif,
#
netflix,
#
film dokumenter,
#
film dokumenter netflix