MENU
icon label
image label
blacklogo

Asal Mula Clubhouse dan Cara Bergabung di Aplikasi Ekslusif Ini

FEB 22, 2021@17:30 WIB | 99 Views

Sepekan terakhir kemarin warganet dihebohkan oleh sebuah media social baru bernama Clubhouse. Di mana kehadirannya langsung menempati posisi trending sehingga orang-orang pada penasaran. Lantas media social macam apa Clubhouse tersebut? Bagaimana asal mulanya, seperti apa cara kerjanya, dan apakah semua pengguna smartphone bisa bergabung?

Clubhouse merupakan aplikasi media sosial yang berbasis pada audio-chat. Dengan fitur yang disediakan Pengguna dapat melakukan obrolan bahkan bisa mendiskusikan beragam topic melalui Clubhouse. Menariknya, meskipun aplikasi ini bersifat ekslusif, namun aplikasi layaknya podcast tapi live ini ternyata lebih interaktif karena bisa bersahut-sahutan.

Praktis, ruang obrolan ini persis conference call, di mana ada yang bicara seperti halnya host dalam platform podcast, dan ada yang mendengarkan. Ketika obrolan selesai, maka otomatis ruang obrolan tertutup.

Bagaimana aplikasi baru menjadi viral dan diperbincangkan di seluruh dunia? Pasalnya ada banyak selebriti dan influencer yang menginstall dan mengoperasikan aplikasi audio-chat ini. Bahkan, sekelas Bos Tesla, Elon Musk pun turut mempromosikan aplikasi pendatang baru tersebut.

Labih jauh soal Clubhouse, Business Today menyebutkan bahwa, Cluchouse dibuat oleh seorang enterpreneur Silicon Valley Paul Davison dan mantan pegawai Google, Rohan Seth. Mereka meluncurkan aplikasi ini pada Maret 2020 silam, di mana pandemi COVID-19 mulai menyerang Amerika. Alpha Exploration CO adalah perusahaan yang menaungi penciptaan aplikasi yang melejit lantaran dipromosikan oleh Elon Musk baru-baru ini. Alpha Exploration Co sebenarnya baru menyuntikan investasinya sebesar USD 12 juta dari Andreessen Horowitz pada Mei 2020, saat pengguna Clubhouse baru 1.500 orang waktu itu.

Belum genap setahun sejak aplikasi ini diluncurkan, tepatnya pada 1 Februari 2021 lalu, pengguna Clubhose sudah mencapai 2 juta orang di seluruh dunia. Dari jumlah ini, valuasi Clubhouse saat ini disebut-sebut sudah mencapai kurang lebih USD 1 miliar dan sudah dianggap sebagai Unicorn.

Cara Kerja dan Cara Bergabung

Bagi yang penasaran dan ingin bergabung di aplikasi Clubhouse sebagai aplikasi yang memberikan tempat virtual di mana orang bisa mengadakan obrolan, mendengarkan dan ikut obrolan bersama komunitas pengguna Clubhouse lainnya, cukup mudah. Di mana saat pengguna membuka Clubhouse ada beberapa ruang obrolan berbagai topik dan ada siapa saja di sana.

Di aplikasi ini, Anda bisa ikut obrolan yang sudah ada atau bikin sendiri. Tiap ruang obrolan punya moderator, pembicara dan pendengarnya. Moderator mengatur siapa yang bicara, pendengar bisa acung tangan untuk bicara. Clubhouse ini eksklusif. Anda hanya bisa ikut jika diundang pengguna lain. Itupun menggunakan link yang dikirim via SMS yang mengarahkan ke halaman sign up aplikasi Clubhouse. Tak hanya itu, pengguna Clubhouse pun hanya memiliki sedikit undangan untuk orang lain.

Kendati semua orang bisa download, namun mereka tidak bisa bergabung kecuali ada teman yang memberi undangan atau mengizinkan kita masuk. Karanenya, undangan gabung Clubhouse pun diperjualbelikan di e-commerce, misalnya di China. Hal ini pun menjadi permasalahan sendiri, karena sejatinya gabung Clubhouse itu gratis.

Nah, walaupun aplikasi ini gratis, ternyata yang bisa menggunakannya baru para pengguna iPhone. Artinya hanya iOS yang support aplikasi ini, sedangkan Android belum. [asl/timBX]

Tags :

#
clubhouse,
#
aplikasi clubhouse,
#
aplikasi audio-chat

RELATED ARTICLE