MENU
icon label
image label
blacklogo

Adidas Bikin Sepatu yang Bisa Didaur Ulang Seluruhnya

APR 23, 2019@11:00 WIB | 145 Views

Perusahaan-perusahaan besar kini mulai sadar untuk membuat produk atau kebijakan yang ramah lingkungan. Seperti Starbucks yang tidak lagi memberikan sedotan plastik pada pengguna untuk mengurangi jumlah plastik yang digunakan. Begitupun dengan Adidas yang memiliki langkah yang tak kalah inovatif.

Sepatu lama Anda yang sudah rusak pastinya hanya akan berakhir di tempat pembuangan dan tidak perlu memikirkan bagaimana kelanjutannya. Adidas ingin mengubah pola pikir ini dengan meluncurkan Futurecraft Loop.

Futurecraft Loop adalah program Adidas yang membuat sepasang sepatu yang semua bagiannya dapat didaur ulang. Hal ini dapat dimungkinkan berkat penggunaan thermoplastic polyurethane (TPU) yang menjadi material utama dari sepatu.

Menurut Adidas, setelah Anda selesai dengan sepatu tersebut, Anda dapat mengirimkannya kembali ke Adidas di mana mereka kemudian akan menggunakan kembali bahan tersebut dan membuatnya menjadi sepasang sepatu baru namun dengan bahan yang sama.

“Setelah sepatu sampai pada akhir kehidupan pertama mereka dan dikembalikan ke adidas – mereka dicuci, ditumbuk dan dilebur menjadi bahan untuk komponen sepasang sepatu baru, dengan nol limbah dan tidak ada yang dibuang,” ujar Adidas.

Adidas telah mengerjakan konsep ini selama 6 tahun terakhir dan ini bukan upaya pertama perusahaan dalam kelestarian lingkungan. Sayangnya Futurecraft Loop ini tidak akan tersedia dalam waktu dekat dan baru akan diluncurkan pada tahun 2021. [Hlm/timBX]

Tags :

#
adidas,
#
futurecraft loop,
#
sepatu daur ulang,
#
sepatu daur ulang adidas