MENU
icon label
image label
blacklogo

6 Tipe Sepatu Oxford Untuk Para Eksekutif Berkelas

MAY 07, 2019@10:50 WIB | 113 Views

Sepatu formal wajib dimiliki oleh para profesional yang totalitas dalam bekerja. Tidak hanya untuk bekerja, sepatu jenis ini pastinya akan digunakan dalam acara jamuan - jamuan resmi dan besar. Salah satu sepatu formal yang terkenal adalah oxford yang sudah umum dipakai banyak kalangan untuk acara formal. Namun selain sepatu oxford yang sudah umum dipakai, banyak juga varian oxford yang ada.

Maksud varian di sini adalah desain yang memiliki maupun terinspirasi dari sifat closed lacing sepatu oxford. Desain - desain sepatu formal ini bisa menjadi pilihan tambahan bagi yang Anda yang mau menambah koleksi sepatu formal agar tidak bergantung pada satu sepatu formal. Berikut 6 jenis sepatu oxford yang wajib dimiliki bagi kalangan eksekutif berkelas :

1. Wholecut

Wholecut adalah sepatu tipe closed lacing yang terbuat dari 1 bagian kulit secara utuh, tanpa terpotong-potong (wholecut). Sepatu tipe ini pada umumnya terbuat dari potongan - potongan kulit yang dijahit menjadi satu. Berbeda pada umumnya, Wholecut tidak memiliki potongan tambahan maupun quarter (sisi sepatu di bagian badan samping kaki).

Ujung Wholecut pada umumnya dibentuk menjadi round toe, cenderung lancip namun tidak memiliki segi. Dengan sifat garis siluet nya yang elegan, memberika kesan formal yang tidak bisa ditampik lagi dari Wholecut. Di sisi lain karena proses desain dan pengerjaannya yang cukup rumit menjadikan harga Wholecut cukup tinggi, sehingga lebih sering dipakai oleh para eksekutif kelas atas.

2. Plain Toe

Desain Plain Toe sebenarnya desain dasar dari semua oxford, hanya terdiri dari vamps dan quarter. Meski sedkit sederhana namun sifat anggun dan elegan khas sepatu oxford tidak pudar darinya.

3. Cap Toe

Ini merupakan tipe oxford yang sangat populer. Cap Toe ini memiliki potongan kulit yang dijahit di bagian ujung kaki di sepatu nya, bisa hanya berupa potongan kulit saja tanpa aksen maupun dengan aksen yang disebut dengan brogue. Cap Toe juga merupakan desain yang sangat sederhana sekaligus elegan, elemen yang biasanya dicari oleh pria.

4. Wingtip (Full Brogue)

Wingtip merupakan desain oxford yang memiliki ujung yang runcing di kaki serta dipenuhi dengan aksen brogue di bagian toe bahkan di bagian quarter. Wingtip yang bisa diartikan sebagai sayap, memang memiliki desain sekilas menyerupai sayap yang membentang dari ujung depan sampai ujung belakang melalui sisi samping sepatu.

Apabila dilihat dari atas, rangkaian desain itu membentuk huruf W atau M tergantung dari sudut pandang mana kita melihat. Desain Wingtip sedikit banyak memberikan kesan lebih kasual. Oleh karenanya sepatu ini cocok untuk pemakaian sehari-hari atau acara yang tidak terlalu formal seperti kondangan.

5. Adelaide

Desain Adelaide ini secara sejarah diciptakan oleh pembuat sepatu terkenal Terry Moore. Desain ini dikenal dengan jangkauan panjang dari vamp sampai ke tumit. Selain itu, ciri khasnya adalah lekukan garis pada bagian lacing atau sekeliling tali sepatu.

6. Quarter Brogue

Sesuai namanya, desain aksen brogue-nya terletak di bagian quarter sepatu. Pada bagian tersebut akan tertutup secara full dengan aksen brogue. Meski demikian istilah ini hanya masalah dalam penamaan. Jika melihat nilainya secara kegiatan formal, Quarter Brogue bukanlah pilihan pertama dibandingkan dengan Plain toe maupun Cap Toe.

Itulah 6 tipe sepatu formal oxford yang bisa dijadikan acuan blackpals. Ingat memiliki beberapa sepatu formal berbagai tipe di lemari adalah keharusan. Selain bisa menjadi alternatif jika yang satu kotor atau sedang dibersihkan, banyaknya pilihan berarti juga banyak kemungkinan untuk memadupadankan dengan penampilan Anda.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
oxford shoes,
#
wholecut,
#
plain toe,
#
cap toe,
#
wingtip,
#
adelaide,
#
quarter brogue

RELATED ARTICLE