MENU
icon label
image label
blacklogo

6 Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

MAY 08, 2019@08:59 WIB | 79 Views

Puasa merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia. Berpuasa berarti menahan hawa nafsu selain juga menahan diri dari makan dan minum yang dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Di bulan Ramadan ini dengan alasan berpuasa, banyak dari kita yang lalu malas berolahraga. Padahal olahraga teratur sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar terus fit meski berpuasa.

Olahraga memungkinkan tubuh untuk tetap prima dalam berbagai kondisi. Utamanya saat berpuasa, olahraga ringan tetap perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut beberapa jenis olahrrraga yang bisa tetap kita lakukan meski sedang berpuasa.

Bowling

Bowling merupakan jenis olahraga yang condong ke bentuk permainan. Olahraga ini membantu kita menjadi lebih rileks dan tetap berstamina. Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga bisa kita lakukan selama berpuasa. Kita dapat bermain bowling (sekaligus berolahraga) bersama teman selama menunggu waktu berbuka puasa.

Renang

Ini menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik. Renang dapat dipilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Blackpals dapat mengisi waktu sebelum berbuka dengan berenang selama kurang lebih 30 menit. Penelitian mencatata, aktivitas renang selama 30 menit terbukti mampu membakar hingga 420 kalori. Namun jangan lupa saat berenang tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

Jalan Cepat

Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan olahraga jalan cepat bersama rekan di tempat-tempat dan waktu yang tidak terbatas. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu menjaga keseimbangan metabolism tubuh saat berpuasa.

Yoga

Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Proses yoga yang berfokus pada teknik pernapasan akan membantu penyuplaian oksigen ke dalam otak dan menjaga kita untuk tetap berpikir jernih, tenang, juga nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga dengan maksimal.

Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh. Anda bisa menggunakan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Joging/Treadmill Ringan

Joging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Selama berpuasa waktu yang tepat untuk berjoging ialah saat sore menjelang waktu berbuka. Ingat, lakukan joging ringan saja selama 20-30 menit demi menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa.

Demikian blackpals beberapa jenis olahraga yang dapat kita lakukan selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Hal terpenting yang perlu diterapkan adalah tetap berpikiran positif dan jauhi rasa malas yang sering menyerang.

[Ard/ tim BX]

Tags :

#
puasa,
#
yoga,
#
olahraga ringan

RELATED ARTICLE