MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Roller Coaster Tercepat di Dunia

JUN 16, 2022@13:00 WIB | 114 Views

Apakah Anda seseorang yang gila akan kecepatan? Ingin menguji keberanian Anda dengan menunggangi ular raksasa baja tercepat di dunia?, walaupun tidak semua roller coaster menggunakan trek berbahan dasar baja, namun 5 roller coaster tercepat di dunia ini, semuanya memang terbuat dari kayu. Para pemecah rekor kecepatan ini datang dalam berbagai desain, dan menggunakan bermacam-macam sistem peluncuran untuk melontarkan kendaraan mereka berlomba-lomba menuju ke kecepatan tertinggi di dunia.

Inilah lima roller coaster tercepat di dunia, yang memiliki kecepatan mencapai atau melebihi 100 km/jam.

5. Dodonpa (180 km/jam)

Lokasi: Fuji-Q Highland, Yamanashi, Jepang

Tipe: F1 Thrust Air Coaster

Dengan menggunakan sistem peluncuran bertenaga udara terkompresi, Dodonpa melaju dari 0 hingga 180 kpj hanya dalam waktu kurang dari dua detik. Coaster Jepang memiliki trek bergelombang, kemudian naik ke trek bertipe top hat setinggi 49 meter dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat. Seluruh jam perjalanan hanya memakan waktu sekitar 55 detik.

4. Red Force (180 km/jam)

Lokasi: PortAventura, Salou, Tarragona, Spanyol

Tipe: Magnetic Induction Rocket Coaster

Red Force pertama kali dibuka pada tahun 2017, sebagai bagian dari area Ferrari Land (bagian dari resor PortAventura), Red Force menggunakan sistem motor magnet untuk meluncurkan keretanya dengan kecepatan 180 kpj menuju ke trek teratas yang terlihat mirip dengan Top Thrill Dragster dan Kingda Ka. Red Force menjadi roller coaster tercepat (dan tertinggi) di Eropa.

3. Top Thrill Dragster (193 km/jam)

Lokasi: Cedar Point, Sandusky, Ohio

Tipe: Hydraulic Launch Rocket Coaster

Dengan kecepatan sekitar 193 kpj, Top Thrill Dragster memiliki tema yang sangat sesuai untuk merepresentasikan kecepatannya, yaitu mobil balap. Tidak hanya mencapai kecepatan yang mencengangkan, sistem peluncuran bertenaga hidroliknya melontarkan para pengunjung Cedar Point yang gagah berani,  dari 0 ke top speed dalam waktu yang sangat singkat. Trek dari Top Thrill Dragster pada dasarnya mirip dari sang runner-up, Kingda Ka, tetapi memiliki trek yang sedikit lebih pendek.

2. Kingda Ka (206 km/jam)

Lokasi: Six Flags Great Adventure, Jackson, New Jersey

Tipe: Hydraulic Launch Rocket Coaster

Hingga saat ini Kingda Ka menjadi roller coaster tercepat di Amerika Serikat dan sempat menjadi roller coaster tercepat di dunia selama beberapa tahun sampai salah satu roller coaster yang ada di Timur Tengah melampauinya. Namun, dengan ketinggian sekitar 139 meter, Kingda Ka masih menjadi roller coaster tertinggi di dunia. Untuk mencapai kecepatan puncaknya dalam hitungan detik, Six Flags menggunakan sistem peluncuran hidrolik.

1. Formula Rossa (239-240 km/jam)

Lokasi: Ferrari World, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Tipe: Hydraulic Launch Coaster

Bukan di Amerika ataupun di Eropa, ternyata pemegang tahta tertinggi roller coaster tercepat di dunia berada di jazirah Arab, tepatnya di Abu Dhabi, UAE. Roller coaster tercepat di planet ini mencapai kecepatan tertinggi yang menakjubkan, yaitu 240 km/jam, selain itu Formula Rossa menghasilkan kekuatan gravitasi sekitar 1,7 Gs.

Perjalanan penuh kecepatan ini dimulai di dalam theme park indoor, kemudian melaju kencang melewati kubah, hingga akhirnya melaju keluar theme park dan kembali ke "stasiun" yang berada di dalam gedung. "Kereta" yang digunakan terlihat seperti mobil F1 Ferrari yang memiliki warna merah yang khas Formula Satu berwarna merah. Saking intensnya roller coaster ini, penumpang dikeluarkan kacamata untuk melindungi mata mereka dari pasir gurun.

Sebenarnya ada satu lagi roller coaster yang digadang-gadang akan mengalahkan kecepatan Formula Rossa, yaitu Falcon's Flight. Namun, Falcon's Flight rencannya baru akan dibuka pada tahun 2023. Falcon's Flight dikatakan dapat melaju dengan kecepatan sekitar 250 kpj, dan kabarnya akan memiliki trek sekitar 4 km, Falcon's Flight mungkin saja bisa memecahkan rekor sebagai roller coaster tercepat dan terpanjang di dunia (rekor terpanjang saat ini masih dipegang oleh Steel Dragon 2000). Falcon's Flight akan berlokasi di Six Flags Qiddiya, Riyadh, Arab Saudi. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
roller coaster,
#
dodonpa,
#
red force,
#
top thrill dragster,
#
kingda ka,
#
formula rossa