MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Karakter yang Perlu Dicari Dari Calon Karyawan

APR 09, 2019@19:05 WIB | 92 Views

Saat mempertimbangkan seseorang untuk suatu pekerjaan, apa yang Anda lihat? Kemungkinannya pertama adalah Anda akan memindai CV calon karyawan. Namun apa khususnya yang akan Anda fokuskan?

Kemungkina terbesar Anda mencari keterampilan nyata atau hard skill, keahlian khusus, pengalaman, atau kualifikasi tambahan lainnya untuk pekerjaan dan / atau industri tertentu. Sayangnya meski si calon memenuhi semua kriteria tersebut, belum menjamin dia akan menjadi karyawan yang tepat untuk bekerja bersama.

Sekarang amati rekan kerja atau karyawan terbaik Anda. Perhatikan apa yang membuat dia menonjol? Apakah dia menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat? Apakah dia pemain tim yang hebat? Apakah dia berkomunikasi secara efektif?

Itu semua adalah yang kita sebut karakter atau soft traits dalam dunia ketenagakerjaan. Berbeda dengan hard skill, soft trait bukan sesuatu yang bisa diajarkan dengan mudah. Ini lebih ke bawaan dalam diri kita masing-masing dan umumnya relevan untuk berbagai pekerjaan dan situasi kehidupan.

Pada dasarnya kombinasi antara hard skill dan soft traits diperlukan agar seseorang unggul dalam pekerjaannya. Beberapa bahkan akan mengatakan meski hard skill itu penting, tetapi soft traits-lah yang membedakan karyawan yang baik dari yang hebat.

Itu membawa kita pada pertanyaan, soft traits apa yang harus kita cari dalam talenta hari ini. Jawabannya mungkin bervariasi berdasarkan peran dan organisasi, tetapi berikut adalah beberapa contoh yang paling sesuai.

Komunikasi dan kerja tim. Dengan tuntutan tinggi dari dunia bisnis akan kolaborasi dari berbagai tenaga kerja yang terfragmentasi, mereka yang mampu menjalin komunikasi dan kerja tim yang efektif akan menjadi kunci kesuksesan perusahaan.

Keterbukaan terhadap pengalaman. Orang yang tinggi dalam sifat ini lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan, mampu bekerja dengan ide-ide baru dengan lebih baik, dan merespon dengan baik keanekaragaman di tempat kerja.

Motivasi dan kemampuan untuk belajar. Memiliki hard skill keras untuk pekerjaan hari ini mungkin sudah cukup sekarang, tetapi  punya motivasi untuk mempelajari keterampilan untuk pekerjaan besok adalah hal yang sangat penting.

Proaktif. Seorang karyawan yang proaktif selalu memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Dia akan mengambil inisiatif dan tidak menunggu untuk diberitahu apa yang harus dilakukan.

Tangguh. Bekerja untuk mencapai sasaran jangka panjang akan melelahkan dan membutuhkan tingkat stamina dan ketekunan yang tinggi. Mereka yang memiliki sifat tangguh pantang menyerah adalah orang-orang yang akan terus bersemangat mengejar tujuan jangka panjang ini apapun rintangannya. Sementara yang kurang memiliki ketangguhan akan lebih mudah menyerah yang berujung pada perusahaan tidak mencapai target yang diinginkan.

Jadi yang perlu selalu Anda ingat adalah pentingnya melihat karakteristik dan sifat seorang pekerja di luar keterampilan pekerjaannya. Hal ini semakin penting dilakukan apabila Anda menyeleksi seseorang untuk mengisi posisi management. Anda tentu tidak mau bukan seorang manajer perusahaan yang mudah menyerah?

[Ard/tim BX]

Tags :

#
soft traits,
#
hard skill,
#
employee

RELATED ARTICLE