MENU
icon label
image label
blacklogo

Tujuh Tips Aman Bepergian dengan Pesawat

AUG 12, 2020@15:00 WIB | 223 Views

Bepergian di situasi sekarang ini memang cukup beresiko, apalagi bila ingin pergi ke tempat  yang jauh menggunakan pesawat. Sebab, kita akan berada di keramaian, menggunakan fasilitas publik, dan bersentuhan dengan benda atau orang lain. Namun bila Anda sudah membulatkan tekad untuk bepergian, tak ada salahnya untuk lebih berhati-hati. Berikut tips aman bagi Anda yang bepergian dengan pesawat.

1. Hindari Menggunakan Transportasi Publik

“Pilihan transportasi teraman adalah meminta seseorang yang tinggal bersama Anda mengantar Anda ke bandara,” kata Davidson Hamer.MD, seorang spesialis penyakit menular dan profesor di Global Health and Medicine at the Boston University Schools.

Oleh karena itu, hindari menggunakan transportasi publik. Namun, bila tak ada pilihan lain, duduklah di kursi belakang kendaraan besar, seperti van atau bus. Selain itu, minta pengemudi untuk membuka jendela agar menarik udara segar dari luar.

2. Jangan Menyentuh Barang Sembarangan

Dengan perkembangan teknologi saat ini, kontak fisik sudah berkurang drastis, mulai dari check-in hingga pembayaran. Akan tetapi, bakteri juga bisa menular lewat permukaan benda yang kita sentuh. Oleh karena itu, “cobalah untuk membatasi kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti kios, layar sentuh dan pemindai sidik jari, mesin tiket, pintu putar, pegangan tangan, permukaan kamar kecil, tombol lift, dan bangku sebanyak mungkin,” kata Hamer.

3. Pilih Kursi dengan Bijak

Hindari duduk bersebelahan dengan penumpang lain. Pastikan Anda memiliki jarak yang cukup jauh, atau cobalah bernegosiasi apabila tempat duduk Anda berdekatan. Saat ini sejumlah maskapai memang menerbitkan aturan pembatasan penumpang, karena itu bijaklah memilih tempat dan usahakan dekat dengan jendela.

4. Bersihkan Kursi Anda

Selain posisi dan jarak dengan orang lain, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kursi Anda. Pastikan membawa tisu antibakteri dan mulailah membersihkan sandaran lengan, sandaran kursi, dan sabuk pengaman. Jangan lupa juga untuk membersihkan baki, ventilasi udara, hingga tombol lampu.

5. Jangan Gunakan Sarung Tangan

Mungkin banyak dari kita berpikir bahwa menggunakan sarung tangan lebih efektif menghindari bakteri. Namun itu tak sepenuhnya benar, karena sarung tangan sama seperti tangan yang tidak dicuci. “Sabun dengan air masih yang terbaik,” kata Davidson Hamer. “Jika Anda harus menggunakan pembersih tangan, pilihlah yang berbasis alkohol dengan setidaknya 60 persen alkohol."

6. Kenakan Masker

Bila hendak bepergian, Anda wajib menggunakan masker. Tahan diri Anda dengan kebiasaan mencopot dan menurunkan masker ketika berbicara. Usahakan masker berada di posisi sempurna sehingga kemungkinan kontaminasi bakteri udara dapat diminimalisir.

7. Hindari Makan Jika Memungkinkan

Ini mungkin tidak berlaku apabila perjalanan Anda memakan waktu cukup panjang. Tetapi, bila durasi penerbangan tergolong singkat, usahakan tidak memakan makanan yang disediakan maskapai. Pikirkan sudah berapa orang yang menyentuhnya hingga sampai ke baki Anda. Ditambah lagi dengan udara pesawat yang mungkin terkontaminasi penumpang yang melepas masker. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
tips naik pesawat,
#
tips aman naik pesawat,
#
tips aman masa pandemi

RELATED ARTICLE