MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Untuk Membersihkan Gaming CPU

FEB 03, 2022@13:45 WIB | 1,246 Views

Jika anda memiliki PC terutama gaming PC, dan menampilkannya seperti sebuah "karya seni", Tentunya anda pasti ingin lebih dari sekadar membersihkan dan merawatnya. Untuk itu, kami sarankan untuk mengeluarkan semua komponennya dari kasing PC. Dengan melepas semua komponen dari kasing PC, berarti anda harus mengulang semua "manajemen" posisi dan pemasangan kabel, mengeringkan water-cooling loop (*jika ada), dan juga melepaskan semua caddy drive. Memang merepotkan, namun hasil akhirnya akan sepadan.

Catatan: Kami merekomendasikan gelang antistatis saat menangani komponen apa pun. Jika Anda tidak memilikinya, sentuh casing PC anda secara berkala untuk melindungi diri anda sendiri. berikut langkah-langkah membersihkan gaming PC anda.

  • Lepaskan semua komponen dan letakkan di atas permukaan yang tidak bersifat konduktif. Jika anda melepas unit pendingin CPU (tidak sepenuhnya diperlukan), perhatikan, bahwa anda harus melepas dan mengoleskan kembali pasta termal/thermal paste-nya.
  • Gunakan udara bertekanan dan kain bebas serat untuk membersihkan debu menumpuk yang masih terlihat dari mata anda. Berikan perhatian khusus pada celah, selubung plastik, dan komponen heat sink. Bersihkan juga filter debu secara menyeluruh.
  • Untuk membersihkan bilah kipas, pegang dengan stabil dan seka atau lap setiap bilah satu per satu.
  • Jika ada sidik jari atau tanda berminyak pada suatu komponen, gunakan kapas dan isopropil alkohol atau yang setara untuk membersihkannya. Pastikan untuk membiarkannya kering sebelum memasangnya kembali.
  • Beberapa komponen, seperti graphic card, dapat menumpuk debu di dalam area tertutup. Membersihkannya mungkin memerlukan pembongkaran kartu tersebut, pembersihan tersebut dapat dilakukan jika anda memiliki alat yang tepat (small hex dan Torx bit sering kali diperlukan).

Ada komponen tertentu, seperti interior PSU, yang tidak dapat Anda bersihkan secara efektif tanpa membongkarnya dan akan membatalkan perjanjian garansi. Melakukannya asal-asalan juga bisa cukup berbahaya. Sebagai gantinya, kami sarankan menggunakan sekaleng udara bertekanan dengan sedotan panjang yang terpasang untuk memberikan sedikit hembusan untuk menghilangkan debu yang membandel. Saat anda menyalakannya, kipas dan aliran udara otomatis akan mengeluarkan sisa debu yang masih menempel di bagian belakang.

Setelah selesai membersihkan, kumpulkan semua komponen. Manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan sedikit manajemen kabel karena dapat membantu menghindari penumpukan debu dengan membuat saluran udara yang lebih bersih melalui sistem. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
gaming cpu,
#
berita game,
#
techtips