MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Potret Dengan Smartphone di Rumah

MAY 12, 2020@14:30 WIB | 442 Views

Seni fotografi tidak akan pernah ada habisnya untuk dipelajari, walaupun di tengah situasi pandemik seperti saat ini. Bahkan, kini belajar fotografi tidak harus menggunakan kamera profesional model DSLR atau mirrorless. Kamu bisa memanfaatkan perangkat smartphone yang ada untuk memotret. 

Siapa bilang masa-masa karantina ini bikin kamu gak bisa kreatif. Memang kita tidak bisa leluasa memotret beragam objek di luar ruang seperti yang biasa kita lakukan bersama teman-teman di sebuah objek wisata, tapi kita tidak harus merasa ‘terkungkung’ sehingga kreativitas kita tersendat.

Rio Motret, salah satu fotografer yang menekuni fashion photography, berbagi ilmu fotografi menarik dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah sebagai properti untuk menghasilkan beragam foto keren. Melalui akun Instagram-nya, Rio berkisah mengenai ide membuat karya foto dengan menggunakan perangkat smartphone. Rio juga menunjukkan berbagai macam teknik dan fitur memotret yang ada pada smartphone jaman sekarang ke para netizen dan followers-nya.

Menurut Rio kala itu, foto suasana santai bersama keluarga pun bisa menjadi objek yang seru. Karpet atau sofa di ruang tamu bisa dimanfaatkan sebagai properti yang natural tanpa perlu keluar uang. Namun demikian, kamu tetap perlu memastikan properti foto dibersihkan terlebih dahulu dari segala macam kotoran dan debu.

Rio juga menyarankan pengguna smartphone untuk memanfaatkan sudut-sudut atau interior rumah sebagai background. Kamu juga dapat mengabadikan ruang kerja di rumah selama Work From Home (WFH), memotret swafoto /selfie dengan latar polos tembok rumah atau wefie bareng keluarga yang menampilkan keseruan saat memasak di dapur. Selain itu, kamu pun bisa sambil mendekorasi ulang ruang kamar tidur untuk diabadikan dan hasil fotonya dapat dibagikan di media sosial. 

“Enaknya memotret menggunakan smartphone ini adalah kapanpun kita melihat sesuatu yang menarik, bisa langsung dicapture, enggak harus ribet setting seperti menggunakan kamera professional,” ujar Rio

Selain itu, efek cahaya yang tepat juga jadi faktor pendukung yang utama untuk bisa menghasilkan foto jadi lebih ciamik lagi.

“Cahaya itu sangat berpengaruh, cahaya juga bisa memberikan momen yang indah,” tambah Rio.

Ponsel Android kini pun banyak yang sudah memiliki kamera dengan resolusi mumpuni, dengan harga yang dibawah Rp 5 jutaan, yang tentunya juga dapat menangkap cahaya dengan baik. Nah, keterbatasan gerak dan keleluasaan untuk beraktivitas seperti sekarang ini ternyata bukan menjadi hambatan buat kamu untuk membuat karya estetika fotografi atau foto seni. Meski di rumah, yuk mulailah beraktivitas dan berkreasi melalui foto. Manfaatkan peralatan dan properti seadanya di rumah, serta coba carilah konsep foto yang out of the box dan unik.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
memotret dengan ponsel,
#
smartphone,
#
ponsel,
#
memotret