MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Memulai Vlog Untuk Pemula

APR 29, 2020@09:52 WIB | 192 Views

Masuk bulan kedua masa karantina, apa saja yang kalian lakukan di rumah? Memasak, menyuci, merawat kendaraan? Physical distancing seperti karantina ini dilakukann untuk mengurangi pnyebaran Covid-19 yang sedang mewabah. Nah, jika melakukan aktivitas monoton pastinya membuat manusia bosan karena pada dasarnya sifat manusia adalah bersosialisasi, meskipun ada teknologi melalui video call atau telepon.

Ada hal lain sebenarnya yang bisa kalian lakukan di saat Bulan Ramadhan ini, yaitu membuat informasi berupa video blog (vlog). Informasi seperti ini dirasa tidak akan ada bosan-bosannya ya, mengingat banyak informasi menarik yang dibagi dengan alat yag lebih modern semisalnya kamera poket, mirrrorless, atau smartphone. Nah, smartphone sendiri kini juga bisa langsung editing, berkat aplikasi editor video modern, dan langsung upload. Untuk itu, ada beberapa tips yang dipersiapkan untuk memulai vlog kalian selama karantina:

1. Siapkan Konten

Konten atau isi cerita merupakan bumbu utama dalam menyajikan informasi menarik. Tanpa ada persiapan isi konten, maka audience tidak akan memahami maksud atau isi ceritanya. Ya, seminimalnya BlackPals, penonton akan boring dan langsung skip video kita. Akan lebih baik membuat isi cerita yang berkaitan dengan isu saat ini, atau mengenai kegiatan selama Bulan Ramadhan. Runut satu per satu isi ceritanya dari awal sampai akhir. Ketika menulis isi konten, bayangkan secara visual saat kalian menyusun naskahnya, sehingga ketika pengambilan gambar, kalian lebih mudah dalam menjalankannya.

2. Pilih Kamera/Smartphone Terbaik

Gunakan kamera apa pun selama lensa atau kualitas pengambilan gambarnya bagus. Smartphone biasanya sudah memiliki gambar yang 11:12 dengan sebuah kamera. Ponsel sekarang yang di harga 2-5 jutaan sudah memiliki “fasilitas” kamera dengan editing pengambilan gambar yang cukup baik bahkan baik. Saat ini bahkan satu buah ponsel sudah memiliki beberapa kamera di bagian belakangnya, yang berarti kualitas pengambilan gambar sudah semakin membaik.

3. Gunakan Tripod atau Monopod

Untuk membantu proses pengambilan video agar hasil gambar tetap stabil, sebaiknya kamu persiapkan tripod atau monopod. Banyak pilihan model tripod berukuran kecil dan ringan khusus bahkan untuk smartphone. Di kamera maupun smartphone kini sudah memiliki stabilisasi standar untuk mengambilan gambar/video. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan kualitas video dari kamera smartphone yang stabil dan tajam meski dalam posisi berjalan atau berlari.

4. Gunakan Aplikasi Editing yang Mudah

Buat pengambilan gambar/video dari smartphone, kini banyak tersedia aplikasi editing. Pahami dahulu cara mengedit video/gambar dari aplikasi tersebut, supaya tahu editing gambar yang terbaik. Di ponsel pintar sekarang pun, kini sudah tersedia aplikasi standar editor video, agar lebih mudah dan tidak memberatkan ponsel untuk mengunduh aplikasi luar.[prm/timBX] foto: berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
tips vlog,
#
membuat vlog,
#
pemula