MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Memilih Tas untuk Travelling

NOV 15, 2021@15:00 WIB | 106 Views

Ternyata ada banyak pilihan dan hal yang perlu diperhatikan agar travelling Blackpals menjadi nyaman.

Mendekati akhir tahun, angka travelling menjadi lebih tinggi. Apakah itu untuk menikmati liburan, pulang kampung, ataupun urusan kerja. Tas sebagai alat untuk menyimpan dan membawa berbagai pakaian dan keperluan menjadi hal yang penting. Secara umum, ada 3 kategori besar pilihan tas, antara lain koper, tas ransel, dan tas duffle. Ketiganya memiliki kapasitas yang besar sehingga cocok untuk travelling. Bagaimana cara memilihnya? Apa saja hal yang perlu diperhatikan? Ikuti tipsnya di bawah ini.

Jenis Tas Travelling

Dari ketiga kategori pilihan tas di atas, masih bisa ditemukan lagi jenis tas yang berbeda. Misalnya ada tipe tas travel yang beroda. Ada koper beroda yang biasa terlihat di bandara. Jenis tas ini cocok perjalanan bisnis, travel keluarga dengan barang yang banyak, atau berkunjung ke kota-kota lain. Kapasitas tasnya cenderung besar dan mudah dibawa dengan roda sehingga tidak berat.

Ada juga tas duffle yang memiliki roda. Anda bisa menariknya atau mengangkatnya. Tipe tas ini cocok untuk perjalanan petualangan kea lam bebas, berlibur ke banyak tempat yang berpindah-pindah, atau ke tempat-tempat yang kondisi jalannya cenderung tidak rata. Jadi Anda bisa mengangkat lebih mudah dan menariknya saat di tanah rata.

Tidak ketinggalan, ada juga tas ransel yang dilengkapi dengan roda. Kapasitas tas lebih kecil sehingga cocok untuk travelling sendiri ke berbagai tempat. Anda bisa memakainya ke alam bebas atau road trips ke beberapa kota sekaligus. Anda bisa menyandangnya atau menariknya dengan roda.

Untuk pilihan lainnya, ada juga tas duffle dan tas ransel yang tidak beroda. Tas duffle memiliki ruang yang lebih luas tetapi hanya ada satu ruangan. Bila Anda lebih suka memilah barang dalam ruang-ruang sendiri, tas ransel dengan banyak kantong di dalam dalm luar bisa menjadi pilihan lebih baik. Hanya saja, ukurannya menjadi lebih kecil.

Cara memilih Tas Travel

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tas travel. Mulai dari sisi ukuran, bahan, hingga berat tas. Berikut adalah keterangannya.

Ukuran tas

Ada banyak hal yang memengaruhi ukuran tas. Salah satu yang paling utama adalah jumlah barang yang perlu dibawa. Hal ini sangat erat dengan waktu travelling Anda, apakah cuma hitungan hari atau sampai mingguan. Tipe travelling yang dilakukan juga penting. Apakah Anda cuma butuh pakaian ganti dan peralatan mandi atau juga butuh tenda, tas tidur, kompar, dan lain-lain. Semakin banyak barang yang dibutuhkan, semakin besar pula tas yang dibutuhkan.

Bahan

Bahan tas bisa memengaruhi ketahanannya. Anda bisa mengeceknya dari banyak sisi, termasuk kekuatan resleting, roda, hingga handler. Anda bisa mencobanya dengan menggoyang-goyang roda dan handler serta mencobakan resletingnya. Bila berbelanja online, Anda bisa mengeceknya dengan membaca review pembeli lain. 

Hal lain yang bisa diperhatikan misalnya:

Bila barang di dalam tas sangat penting, pilih tas koper dengan bahan hard-sided. Biasanya mereka dibuat ringan dengan bahan palstik keras. Atau bila perlu pilih bahan aluminium untuk proteksi ekstra meskipun jadinya tas menjadi berat dan mahal.

Bila ingin memasukkan tas dalam ruang yang kecil, pilih bahan soft-sided. Bisa dari bahan kain tebal yang juga tahan lama tetapi bisa ditekan hingga kecil. Bayangkan Anda ingin memasukkannya ke overhead bin di pesawat atau bagasi mobil.

Ada juga tas travel yang dilengkapi dengan bahan waterproof. Biasanya dipakai di tas duffle atau ransel. Bila perlu, Anda bisa memilih duffle waterproof utnuk perlindungan ekstra dari air. Hanya saja harganya menjadi lebih mahal. Atau tidak, alternatif lain adalah dengan masukkan bawang dalam tas plastik dan memasukkannya dalam duffle water resistant.

Berat tas

Bila Anda bepergian dengan pesawat, berat tas menjadi hal yang penting. Karena bila berat tas Anda lebih dari kapasitas, Anda harus membayarnya. Jadi saat mengemas tas, jangan lupa perhatikan juga berat tas Anda. Hal lain yang bisa memengaruhi berat tas adalah roda. Tas travel dengan roda cenderung lebih berat. Hal ini juga berpengaruh bila Anda ikut bepergian ke tempat-tempat yang mengharuskan Anda banyak mengangkat tas.

Jika tempatnya seperti kota atau memiliki jalan yang bagus, tas beroda bisa dipakai tanpa perlu khawatir cepat rusak. Namun jika tidak, tas duffle atau tas ransel yang mudah digenggam bisa jadi pilihan yang lebih tepat. Itulah tadi tipe tas travel dan tips untuk memilih tas yang tepat. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pilih yang sesuai denagn budget. Jangan terlalu pelit karena tas koper yang bagus bisa dipakai hingga lama dan menjadi investasi yang baik. [eve/shf/timBX] Berbagai sumber

Tags :

#
travel,
#
travelling,
#
blacktips