MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Memilih Alat Grooming Jenggot yang Paling Cocok

DEC 13, 2021@14:30 WIB | 65 Views

Mulai dari memilih manual atau elektrik, hingga hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli.

Bercukur jenggot bagi beberapa pria adalah hal yang penting dan rutin dilakukan agar tetap terlihat rapi. Adapun jenggot juga bisa dirapikan sesuai keinginan menjadi tambahan gaya tersendiri. Karena itu, alat cukur jenggot pun menjadi hal wajib untuk dimiliki.

Memilih alat cukur yang cocok itu penting karena bisa saja membuat iritasi. Alat cukur yang bagus juga bisa menjadi investasi yang bagus untuk aktivitas grooming yang nyaman setiap hari. Apalagi menurut Choice.com, pria menghabiskan waktu rata-rata 5 bulan dalam hidupnya di depan cermin dan grooming. Memilih alat cukur yang tepat juga bisa mengurangi waktu ini.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih dan membeli alat cukur jenggot yang terbaik untuk Anda.

Manual Atau Elektrik?

Pilihan pertama yang harus ditentukan adalah memilih bercukur manual atau elektrik? Hal yang membedakan kedua pilihan ini pada dasarnya kembali lagi ke efisien atau kenyamanan dan harga.

Alat cukur jenggot elektrik umumnya mudah dipakai, efisien, dan bebas dari kotoran. Fiturnya bisa bervariasi dari memiliki kepala cukur lebih dari 1, efek dingin, vibrasi sonic, hingga sensor mencukur. Namun pilihan satu ini bisa lebih mahal dengan harga rata-rata sekitar Rp 100 ribu ke atas. Tentunya ada juga pilihan yang tersedia antara harga Rp 50 ribu hingga 100 ribu.

Harga alat cukur manual sendiri lebih murah, bisa didapatkan dengan harga belasan ribu hinga ratusan ribu untuk teknologi terbarunya. Untuk pisau penggantinya sendiri juga bisa didapatkan dengan harga murah. Namun Anda harus lebih hati-hati menggunakannya agar tidak terluka. 

Pilihan ada di tangan Anda, apakah lebih nyaman dengan alat cukur elektrik atau manual. Namun tetap ingat untuk menyediakan waktu bagi kulit Anda untuk menyesuaikan dengan perubahan.

Yang Perlu DIperhatikan Saat Memilih Alat Cukur Jenggot Elektrik

Alat cukur satu ini lebih cepat mendapatkan perbaruan dan tambahan fitur. Namun pada dasarnya, untuk memilih, Anda bisa mempertimbangkan hal-hal di bawah ini.

1. Rotary atau Foil

Jenis kepala cukur rotary adalah alat cukur dengan kepala berbentuk bulat yang lebih dari 1 untuk mengangkat dan memotong jenggot. Sedangkan foil memakai pisau-pisau di bawah celah lapisan logam untuk mencukur. Keduanya bisa melatih rambuh tumbuh di arah yang Anda inginkan. Jadi beri waktu baru jenggot untuk menyesuaikan diri terlebih dahulu.

2. Pilihan sumber listrik

Anda bisa memilih jenis alat cukur tanpa kabel untuk memudahkan proses pemotongan dan tinggal diletakkan untuk proses pengisian daya. Ada juga jenis berkabel yang dicolokkan terlebih dahulu agar bisa menyala. Untuk Anda yang sering berpergian, jenis alat cukur dengan sumber daya baterai akan mudah dibawa dan diisi ulang bila diperlukan.

3. Kering atau basah?

Apakah Anda mencukur dengan air atau busa? Bila iya, pilihan jenis model yang tahan air yang saat ini mudah ditemukan. Biasanya model ini tidak memakai kabel dan mudah digunakan bahkan saat mandi.

4. Fitur pembersih

Keunggulan lain model alat cukur elektrik adalah memiliki fitur pembersih. Setelah memakai alat cukur, pisau memang harus dibersihkan. Setidaknya bilas di bawah air mengalir. Namun jenis alat cukur elektrik umumnya sudah memiliki sikat pembersihnya sendiri. Bahkan beberapa memiliki tambahan dock pembersih yang akan membersihkan pisau saat dicas. Jenis lainnya menggunakan vibrasi sonic untuk membersihkan.

5. Pivoting heads

Atur sesuai dengan bentuk leher dan wajah untuk membantu proses mencukur.

6. Trimmer

Bila Anda suka dengan jenggot Anda dan biasa merapikannya, trimmer akan membantu Anda membentuk jenggot dan kumis Anda. Fitur satu ini bisa langsung ada di alat cukur atau tersedia tersendiri.

7. Indikator baterai

Indikator ini akan membantu memberitahu Anda bila alat cukur sudah butuh diisi ulang.

8. Pengunci kepala shaver

Setelah menemukan posisi kepala pencukur yang cocok, kunci posisi tersebut. Fitur satu ini bisa sangat membantu untuk meraih area yang sulit dijangkau.

Yang Perlu DIperhatikan Saat Memilih Alat Cukur Jenggot Manual

Seperti alat cukur elektrik, alat cukur jenggot manual juga memiliki hal-hal yang butuh diperhatikan. Pada dasarnya, Anda bisa memilih antara disposable razor yang biasanya tinggal diganti setelah pisau tidak tajam lagi atau cartridge razor untuk tipe yang bisa menukar pisau. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih.

1. Lebih banyak pisau =  lebih baik

Pada dasarnya, alat cukur dnegan 3 atau lebih pisau akan memberikan hasil cukur yang lebih rapi dan nyaman. Semakin banyak pisau juga akan membantu Anda memotong dengan lebih banyak dan cepat.

2. Lubricating strips

Fitur satu ini membantu melembabkan kulit setelah pisau memotong jenggot. Fitur satu ini akan membantu kulit tidak iritasi dan nyaman setelah bercukur. Beberapa tipe disposable razor juga dilengkapi fitur ini yang bekerja sama baiknya dengan cartridge razor.

3. Pisau trimmer

Seperti alat cukur elektik, pisau manual juga memiliki pisau trimmer. Fungsinya juga sama. Selain itu, pelindung di bawah pisau juga akan membantu meratakan kulit sebelum pisau mulai bercukur. [eve/zz/timBX]

Tags :

#
alat cukur,
#
grooming,
#
blacktips