MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Membuat Wi-Fi Kantor Tetap Aman dari Peretasan

JUN 23, 2019@13:00 WIB | 0 Views

Hampir semua kantor saat ini memiliki jaringan Wi-Fi, dan terkadang bahkan lebih dari satu. tTahukah bahwa jaringan nirkabel dapat menjadi titik lemah dalam infrastruktur TI Anda?!

Tidak semua perusahaan menggunakan kata sandi yang kompleks dan unik untuk jaringan nirkabel mereka, dan sedikit yang memberikan upaya lebih untuk menonaktifkan penyiaran nama jaringan. Bahkan tidak begitu banyak yang membatasi kekuatan sinyal WI-Fi untuk mencegah koneksi jaringan di luar kantor.

Langkah kecil di atas sebenarnya menjadi pencegahan sederhana dari serangan potensial yang berkeliaran di dekat kantor dan mencoba masuk ke jaringan perusahaan melalui koneksi Wi-Fi.

Para peneliti Kaspersky secara teratur mendeteksi kerentanan yang dapat memungkinkan pelaku serangan masuk ke jaringan, melewati kata sandi router Wi-Fi Anda dan mekanisme perlindungan lainnya. Dalam beberapa kasus mereka bisa mendapatkan hak pengguna super pada perangkat.

Mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan semacam ini, Kaspersky membagikan tips untuk membuat jaringan Wi-Fi kantor tetap aman:

  • Perbarui firmware router Wi-Fi dan titik akses, dan selalu lakukan pembaruan hingga paling terkini. Para produsen terus menerus memperbaiki kerentanan.
  • Menerapkan kata sandi yang unik, panjang, dan rumit untuk mengakses Wi-Fi. Karyawan Anda hanya perlu memasukkannya satu kali di setiap perangkat, dan kata sandi yang kuat membuat peretasan jaringan menjadi lebih rumit pula.
  • Batasi kekuatan sinyal sehingga jaringan Anda tidak dapat digunakan dari luar kantor.
  • Sembunyikan nama jaringan untuk membuatnya lebih sulit ditemukan.
  • Pilihlah nama jaringan yang tidak biasa dansulit ditebakm lalu jauhkan nomor model router dari itu, sehingga pelaku kejahatan siber tidak dapat menggunakannya untuk mencari kerentanan yang diketahui.
  • Pisahkan jaringan Wi-fi tamu sehingga mereka tidak memiliki akses ke sumber daya internal. Mungkin Anda harus menghilangkan kenyamanan bagi para pengunjung (seperti mencetak dokumen pada printer Anda), tetapi secara signifikan Anda telah mengurangi risiko kebocoran data.
  • Gunakan solusi keamanan yang andalsehingga meskipun para pelaku kejahatan siber telah merusak jaringan Anda, mereka tidak akan dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada workstation dan server.

[Hlm/timBX]

Tags :

#
kaspersky,
#
wifi,
#
jaringan wifi aman