MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Membaca Website Secara Offline

MAY 14, 2020@17:07 WIB | 143 Views

Internet kini dibutuhkan oleh semua pihak, meskipun tak selamanya bisa kita raih selama 24 jam. Mungkin ada yang tak punya paket data atau koneksi internet, dan justru hanya mengandalkan wifi publik. Misal di kampus atau mall atau tempat makan  yang memiliki wifi publik. Tapi, kalau mengandalkan koneksi massa seperti itu, kita bisa diusir oleh penyedianya. Sering kali kita erlu mengambil data data penting yang membutuhkan koneksi. Jika seperti ini, kita harus mencari cara bagaimana mengakses website secara offline. Ada beberapa cara mengakses website secara offline sebagai berikut;

1. Unduh Halaman Web Tertentu

Jika ingin melihat website tertentu secara offline, kalian bisa dengan mudah mengunduh seluruh halaman website secara penuh. Sehingga, ketika membuka web-nya secara offline, kita bisa mengaksesnya kembali.

Di PC

Pada Windows, Mac, dan Linux , cukup tekan Tombol Ctrl + S pada keyboard Anda, saat menggunakan browser apa pun, untuk membuka dialog "Simpan halaman" dan cukup simpan halaman di direktori yang Anda pilih. File HTML dan folder yang berisi semua data akan disimpan. Anda dapat membuka file HTML untuk mengakses halaman web yang disimpan di browser Anda tanpa memerlukan koneksi internet apa pun .

Di Smartphone

Membaca situs web offline adalah opsi yang dilengkapi dengan Chrome Android, serta aplikasi Chrome seluler iOS. Di Chrome untuk Android, buka halaman yang ingin Anda simpan untuk dilihat offline dan ketuk tombol menu utama di sudut kanan atas. Di sini ketuk ikon "Unduh" dan halaman tersebut akan diunduh ke perangkat Anda. Anda dapat membukanya untuk melihat halaman web di browser default Anda.

Di Chrome untuk iOS, fitur Daftar Bacaan memungkinkan Anda menyimpan halaman web yang dapat dibaca di lain waktu. Untuk itu, Anda harus pergi ke menu Lembar Bagikan dan ketuk opsi "Baca Selanjutnya". Semua artikel yang disimpan dapat dengan mudah diakses melalui opsi Daftar Bacaan yang ditemukan di Menu "Pengaturan" Chrome . Pengguna iOS juga dapat menggunakan fitur daftar bacaan safari untuk menyimpan konten halaman web untuk dilihat nanti dan juga menyinkronkannya ke perangkat lain .

2. Aktifkan Mode Offline di Chrome & Firefox

Chrome dan Firefox hadir dengan mode Offline yang memungkinkan Anda memuat halaman dari cache browser jika Anda tidak memiliki konektivitas internet. Saat Anda mengaktifkan mode ini, browser akan memberi Anda opsi untuk memuat halaman web dari cache. Jadi pada dasarnya Anda dapat mengakses halaman web offline apa pun yang telah Anda akses sebelumnya .

Catatan: Jangan menghapus cache internet jika Anda ingin menyimpan halaman web dalam cache untuk penggunaan offline.

Aktifkan Mode Offline Di Chrome

Di Chrome, ketik chrome://flagsdan cari bendera yang bernama "Tampilkan Tombol Salin Tersimpan" . Klik pada menu drop-down di bawahnya dan pilih "Aktifkan: Utama" . Sekarang restart browser untuk menerapkan perubahan.

Setiap kali Anda akan mengunjungi halaman offline yang telah Anda kunjungi sebelumnya , Anda akan melihat tombol "Tampilkan salinan yang disimpan". Klik untuk memuat halaman web secara offline. 

Aktifkan Mode Offline Di Firefox

Di Firefox, klik menu yang mirip ‘hamburger’ di sudut kanan atas dan kemudian klik opsi "Developer". Daftar akan muncul melalui klik mana pada opsi "Work Offline" untuk mengaktifkannya. Sekarang bahkan jika Anda memiliki koneksi internet, Firefox akan offline dan Anda hanya akan dapat mengakses situs web yang sudah ada dalam cache.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
internet,
#
offline,
#
smartphone,
#
pc