MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Liburan Selama Karantina

MAY 26, 2020@10:11 WIB | 265 Views

Tak bisa ditepis memang, bahwa masa karantina membuat kita bisa jenuh total. Pemerintah sendiri mengatakan akan membuat era baru yaitu era new normal, dengan ada batasan tertentu. Memang, jika terus-terusan seperti ini, bisa jadi kita semua tak dapat pemasukan dan bisa bangkrut. Lain daripada itu, penatnya masa karantina ingin membuat kita sesekali keluar rumah, semisalnya menggunakan mobil pribadi dengan keluarga yang sama-sama diisolasi satu tempat.

Meskipun begitu, tetap ada langkah-langkah antisipasi atau pencegahan yang harus dibuat ketika melakukan perjalanan. Berikut beberapa tips untuk membuat perjalanan kalian tetap nyaman dan aman;

Buatlah Rencana dan Pilih Tujuan

Bukan perjalanan biasa, tapi kalian harus membuat perencanaan seperti kemana harus pergi. Sebelum pergi, memang kita harus menentukan lokasi tujuan dan bagaimana kondisi selama perjalanan yang bisa kita lihat melalui berita, maps digital, atau literatur lainnya. Apalagi, saat ini Pemerintah daerah memiliki pertauran berbeda-beda dalam menyikapi Covid-19. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan ke mana Anda akan pergi. 

Siapkan Surat Keterangan Sehat

Saat ini jika anda ingin bepergian keluar, wajib menyertakan surat berbadan sehat dan bebas Covid-19. Mendapatkan surat seperti ini, kalian wajib mendatangi rumah sakit yang melayani swab test/rapid test. Jangan lupa menggunakan masker dan membawa hand sanitizer ketika mengunjungi rumah sakit tersebut.

Pertimbangkan Outdoors

Hotel kemungkinan besar ditutup untuk sementara waktu di beberapa daerah, untuk memutus rantai Covid-19. Di daerah puncak atau Sentul atas, terdapat tempat yang cocok untuk melakukan aktifitas outdoor, sebagai pengganti tujuan wisata yang mungkin banyak kerumunan orang. Outdoor juga menyenangkan BlackPals, karena kita bisa melihat pemandangan alam yang indah.

Persiapan Berkemah

Seperti berkemah outdoor biasanya, kalian harus mempersiapkan seperti tenda, peralatan makan dan minum, bahan makanan, dan air siap minum, daripada kalian harus mampir untuk membeli semuanya itu di minimarket. Membawa segala kebutuhan kita dari rumah sendiri jauh lebih aman, karena sebelumnya sudah disinfeksi atau dibersihkan terlebih dahulu.

Liburan Ke Taman Nasional

Ketika pertama kali memikirkan petualangan di luar ruangan, mungkin pergi ke Taman Nasional adalah ide bagus, jika berkemah terlihat lebih rumit. Namun, perlu kalian lihat apakah taman nasional ini ditutup atau tidak. Jika masih buka dan kalian bisa pergi ke sana, jangan membuka kaca mobil sedikit pun, untuk menghindari sebaran virus yang takutnya menjangkiti hewan di Taman Nasional.  

Sebelum Pergi

Setelah memiliki semua rincian yang direncanakan, saatnya untuk mempersiapkan kendaraan Anda. Meskipun selalu merupakan ide yang bagus untuk memperbaiki dan membersihkan hal-hal sebelum perjalanan besar, mengecek kondisi mobil sangat penting saat ini. Pertama, bersihkan mobil Anda. Bersihkan roda kemudi, sabuk pengaman, pegangan pintu, dan bahkan fob yang Anda gunakan untuk mengoperasikan kendaraan secara menyeluruh. Gunakan alat sedot debu karpet dan periksa semua yang mungkin bersentuhan dengan kulit manusia. 

Perlengkapan Alat Kebersihan

Siapkan alat kebersihan lainnya seperti hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu basah/antiseptic, atau pun pembersih dudukan toilet. Memang sangat rumit, namun untuk sementara ini, perlengkapan alat kebersihan sangatlah dibutuhkan.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
tips liburan selama karantina,
#
liburan,
#
outdoor,
#
taman nasional