MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Cerdas Percepat Unduhan di Android

AUG 08, 2019@15:33 WIB | 427 Views

Mungkin dari sebagian dari Anda pernah mengalami gangguan ketika sedang mengunduh sesuatu? Rasanya pasti sangat menjengkelkan bukan? Ternyata, masalahnya bukan cuma koneksi internet saja yang mempengaruhi kecepatan ketika proses download di perangkat Android. Hardware dan juga penggunaan aplikasi lain pada perangkat ternyata ikut pula memengaruhinya.

Nah, untuk mempercepat download aplikasi dan game di Play Store ataupun browser, Anda harus melakukan penyesuaian di faktor-faktor tersebut.

1. Pastikan Jaringan Terbaik untuk Kartu SIM Internet

Tahukah Anda bahwa tidak semua ponsel pintar Android mendukung fitur 3G atau 4G untuk kedua slot SIM-nya? Jadi, pastikan dulu bahwa SIM internet yang Anda gunakan mendukung jaringan data terbaik, boleh 3G ataupun 4G tergantung generasi jaringan yang tersedia di lokasi Anda. Untuk memeriksa dukungan jaringan terbaik, buka menu Setting – Mobile Network, lalu cek dukungan 3G atau 4G telah diatur ke SIM internet.

2. Klik Tanda Centang

Setelah selesai, klik tanda centang di kanan atas untuk simpan perubahan, dan klik tanda 'X' untuk membuang perubahan. Android memiliki fungsi sebagai peramban di Android. Ketika melihat tautan unduhan, tekan lama dan pilih 'Share Link' dan klik Android.

3. Hentikan Penggunaan Data Aplikasi Lain

Salah satu faktor yang menyebabkan koneksi internet melambat adalah dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang menggunakan jaringan yang sama. Untuk itu, Anda perlu batasi penggunaan data oleh aplikasi lain saat sedang mengunduh aplikasi atau game. Untuk melakukannya, Anda bisa menempuh cara manual atau dengan bantuan aplikasi. Untuk cara manual, buka menu Setting – Data Usage. Kemudian klik salah satu aplikasi yang dirasa paling banyak menggunakan data. Setelah terbuka, ubah menu Restricted app background data dari posisi off ke on. Lakukan langkah serupa untuk aplikasi lainnya, terutama aplikasi pesan instan dan jejaring sosial.

4. Konfirmasi Unduhan

Selanjutnya, Android akan meminta kamu untuk mengonfirmasi unduhan. Jika memerlukan kata sandi, klik 'Credentials' dan masukan beberapa informasi seperti email dan lainnya. Bila tidak, klik 'Download' untuk mengonfirmasi. Kalau ingin mengetahui progresnya, buka notifikasi dengan menyentuh layar dari atas ke bawah. Terakhir, tekan lama unduhan yang sedang berjalan untuk menghapus, menjeda, atau membatalkannya.

5. Gunakan Jaringan WiFi

Tips terakhir, gunakanlah jaringan Wi-Fi yang bisa Anda jangkau. Tetapi jika Anda khawatir dengan privasi dan keamanan, Anda bisa mempertimbangkan jaringan Wi-Fi yang relatif lebih aman. Harganya juga relatif terjangkau untuk semua kalangan.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
tips mengunduh,
#
android