MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Bikin Video B Roll di Rumah Pengusir Bosan Saat Stay at Home

APR 20, 2020@18:05 WIB | 4,251 Views

Bosan! Ya mungkin itu kalimat atau lontaran yang sering terucap saat ini. Di mana kita diwajibkan untuk stay at home dan beraktifitas di dalam rumah baik itu berkerja, beribadah dan belajar. Tentunya, apabila melakukan rutinitas yang itu-itu saja membuat kita dihinggapi rasa bosan yang menggunung. Untuk itu ada baiknya kita melakukan sesuatu yang baru, suatu hal yang belum pernah dilakukan dan seru, tentu yang bisa dilakukan di dalam rumah. Kali ini saya akan memberikan tips untuk membuat video yang unik dengan menggunakan konsep B-Roll untuk Blackpals.

Istilah B-Roll adalah footage yang relevan untuk mendukung kelengkapan dan kebutuhan scene atau gambar utama. Contohnya saat membuat video tutorial memasak footage B-Roll berisi gambar api kompor, detail tajamnya pisau, percikan taburan bumbu dan lain-lain. Footage bisa diambil dalam berbagai ukuran seperti wide shoot yang menunjukkan konteks dan aksi, close up untuk ekspresi, detail bahan makanan. B-Roll bertujuan untuk mendukung gambar atau footage utama yang menampilkan seorang koki sedang memberikan tips cara memasak makanan. 

Untuk video memasak konsep B-Roll, footage atau gambar berisi cuplikan clip pendek dengan berbagai movement dan variasi angle, tidak ada gambar utama yang berisi footage panjang seorang memberikan tips memasak suatu makanan dari awal hingga akhir dan juga caption detail bahan makanan. Kumpulan footage tersebut diedit sehingga menjadi video pendek yang cinematik dan tentunya unik dan keren .

Saat ini banyak bermunculan video B-Roll unik dan keren di platfrom video digital seperti youtube, instagram dan tiktok.  Seorang youtuber bernama James Mathews, Daniel Schiffer dan Peter Mckinnon yang telah mempopulerkan konsep video B-Roll  tersebut, hanya bermodalkan satu kamera, satu lighting, lokasi di dapur, properti hanya bahan makanan dan seperangkat kitchen set.

Contoh Video B-Roll


Berikut ini Tips untuk membuat video B-Roll yang bisa kita lakukan di dalam rumah.

Konsep Video

Sebelum membuat video kita diwajibkan untuk membuat konsep video apa yang mau kita buat. Konsep bisa berupa tema, shortlist ataupun storyboard agar memudahkan kita dalam membuat video

Camera dan Lighting

Kamera adalah faktor utama dalam pembuatan video, bisa berupa kamera DSLR, mirrorless ataupun kamera ponsel yang tentunya sudah berkemampuan canggih dan layak untuk membuat video. Disarankan kamera mampu menangkap gambar sebanyak 50/60Fps agar pada tahap post production, footage bisa diedit dengan kecepatan slow motion.

Talent

Sama halnya kamera, talent juga faktor utama dalam pembuatan video, talent harus bisa berkerja sama dengan cameramen untuk menentukan footage yang ingin diambil salah satunya untuk menentukan camera movement dimana gerakan talent harus selaras dengan pergerakan kamera.

Camera Movement

Konsep video B-Roll banyak berisi footage dengan beberapa pergerakan kamera seperti Tilt Up/Down, Pan Right/Left, Drag in, Dolly In/ Out, Frame In/Out dan banyak lagi. Camera Movement juga berfungsi sebagai transisi gambar sehingga gambar yang tersusun menjadi cinematik dan juga perhatikan titik fokus pada obyek yang akan direkam dimana pada proses ini tentunya tidak mudah dan kamera tentukan manual fokus untuk melakukan framing pergerakan talent, kuncinya sabar dan perbanyak footage.

Post Production

Banyak pilihan untuk software editing dan mungkin yang paling populer saat ini adalah Adobe Premiere Pro, pada tahap proses post production kita lakukan adalah menentukan kumpulan footage yang ingin kita satukan menjadi sebuah kesatuan video, memberikan effect time remapping pada footage untuk mempercepat atau memperlambat, memberikan SFX dan backsound agar terdengar lebih dramatis, color grading untuk membuat video menjadi cinema look dan apabila memungkinkan berikan VFX agar video menjadi lebih keren.

Nah bagaimana BlackPals, tertarik untuk membuat video yang keren dengan konsep B-Roll yang tentunya ini bisa membuang rasa bosan kita selama stay at home, dengan keadaan sekarang ini kita juga tetap bisa menghasilkan karya dan mampu memberikan inspirasi bagi orang lain. [and/asl/timBX]

Tags :

#
stay at home,
#
b-roll video,
#
blacktips