MENU
icon label
image label
blacklogo

Tetap Fit Selama Berpuasa

MAY 07, 2020@10:20 WIB | 226 Views

Bagaimana kabar BlackPals yang sedang berada di masa karantina sekarang, dan yang sedang menjalankan puasa? Mudah-mudahan tidak merasa bosan sampai sekarang. Nah, untuk saat ini bisa kita katakan puasa saat ini lebih ringan karena bekerja di rumah, atau tidak terlalu ringan karena masih mewabahnya Covid-19. Tubuh betul-betul harus membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk tetap fit selama menjalankan puasa.

Ada enam hal yang perlu kalian simak, untuk tetap fit selama berpuasa di tengah-tengah pandemi Covid-19 seperti berikut:

1. Gizi Seimbang

Untuk sekarang, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan. Mentimun, bayam, brokoli, kembang kol, wortel merupakan sayuran sumber serat baik. Mangga, pisang, pepaya dan alpukat adalah macam buah yang mengandung serat. Serat simpelnya adalah dapat mengurangi nafsu makan dan memberikan sensasi kenyang, menyerap air di usus dan memperlambat penyerapan nutrisi.

2. Minum Air Putih

Selama berpuasa, pastikan untuk meminum air putih 2-3 liter/hari agar terhindar dari dehidrasi. Nah ada beberapa hal juga manfaat dari minum air putih seperti menjaga kulit tetap bercahaya, mengendalikan kalori, memelihara fungsi ginjal, dan mempertahankan fungsi usus secara normal.

3. Kurangi Makanan Ini

Kurangilah makanan dengan kadar garam, gula, dan minyak yang berlebihan. Ada banyak hal yang bisa kita dapat jika kita mengurangi makanan yang mengandung tiga unsur tersebut seperti menurunkan tekanan darah, menambah energi, memelihara fungsi ginjal hingga melindungi tubuh dari penyakit. Kenapa bisa? Begini, seperti garam yang terlalu banyak dikonsumsi dan tidak sesuai dengan konsumsi jumlah air minum harian, bisa membuat batu ginjal. Nah, ginjal ini berfungsi sebagai penyaring darah, membuang limbah dan racunn tubuh. Jika fungsi ini hilang, perlahan tubuh kita akan terserang penyakit.

4. Tidur cukup

Jangan sepelekan yang satu ini, tidur. Tidur cukup banyak manfaatnya BlackPals, seperti mempengaruhi kesehatan dalam hal suasana hati, berat badan dan nafsu makan. Tidur cukup ini selama delapan jam dapat mencegah penyakit kronis yaitu serangan jantung atau diabetes. Ingat, Tubuh juga butuh istirahat!

5. Olahraga

Ingat juga kesehatan fisik juga perlu diatur, selama bulan puasa ini. Atur jadwal olahraga yang tepat untuk tubuh. Kenali tubuh anda, seberapa kuat tubuh bisa berolahraga, apakah setelah berbuka puasa, atau menjelang berbuka puasa. Namun, olahraga ini tentunya yang ringan-ringan saja.[prm/timBX] foto: berbagai sumber

Tags :

#
blacktips,
#
puasa,
#
covid-19,
#
hidup sehat,
#
tips