MENU
icon label
image label
blacklogo

Ponsel Android Melambat? Lakukan Langkah Ini!

AUG 27, 2018@19:00 WIB | 455 Views

(Seiring berjalannya waktu, ponsel Android akan melambat)

Seiring berjalannya waktu, sebuah ponsel Android pasti akan melambat. Hal ini terjadi lantaran RAM semakin banyak terpakai. Akibatnya, ponsel menjadi cepat lelah. Biasanya hal ini terjadi 2-3 tahun setelah pemakaian. Itu pun tergantung tingginya pemakaian ponsel tersebut.

Namun, ponsel yang melambat tidak berarti Anda harus menggantinya dengan yang baru. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan ruang “napas” bagi ponsel Android Anda yang sudah melambat. Simak caranya berikut ini!

Hapus aplikasi yang tidak dipakai

(Hapus aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan)

Salah satu penyebab umum melambatnya ponsel Android adalah banyaknya aplikasi dalam satu ponsel. Segera sortir seluruh aplikasi yang ada di ponsel Anda. Jika sekiranya sudah tidak digunakan, lebih baik Anda langsung menghapusnya.

Pasalnya, setiap aplikasi akan membutuhkan RAM agar dapat berjalan. Semakin banyak aplikasi, maka RAM ponsel Anda akan semakin terbebani. Apalagi jika aplikasi tersebut berjalan di background. Tak hanya itu, memori internal juga akan sesak bila aplikasi ini tidak dihapus.

Periksa foto dan video

(Buka file kemudian pindahkan ke PC untuk melegakan ruang penyimpanan)

Melambatnya ponsel juga dapat disebabkan memori internal yang hampir penuh. Biasanya penyumbang terbesar penuhnya memori selain aplikasi adalah media, seperti foto, video, musik bahkan film yang Anda jejalkan dalam ponsel Anda.

Sambungkan ponsel Anda dengan PC, kemudian pindahkan file-file foto dan video tersebut ke PC Anda. Semakin lega memori, seharusnya kinerja ponsel dapat berjalan dengan normal kembali.

Jangan gunakan widget

(Jangan gunakan banyak widget)

Kehadiran widget memang sangat membantu kemudahan ketika menggunakan ponsel. Namun sadarkah Anda kalau widget juga membutuhkan RAM agar dapat berjalan. Banyak menggunakan widget memang sangat mudah, namun justru berbalik memperlambat kinerja ponsel Anda.

Pilihlah widget aplikasi yang benar-benar sering Anda gunakan, kemudian hapus sisanya. Lebih baik menggunakan ikon aplikasi ketimbang widget yang membutuhkan RAM lebih untuk menjalankannya.

Rajin membersihkan RAM

(Bersihkan RAM secara berkala)

Saat ini, hampir seluruh ponsel sudah dibekali dengan App Manager bawaan. Anda tak perlu menggunakan App Manager dari Play Store. Cukup gunakan aplikasi bawaan di ponsel Anda. Sering membersihkan RAM akan sangat membantu Anda untuk mempercepat kinerja ponsel.

Reboot

(Reboot ponsel secara berkala)

Tahukah Anda, jarang me-reboot ponsel juga bisa menjadi salah satu penyebab melambatnya kinerja ponsel. Mungkin terdengar sepele, namun hal ini akan memberikan pengaruh besar pada kelancaran kinerja ponsel Anda.

Factory reset

(Factory reset merupakan opsi terakhir yang dapat dipilih)

Bila semua usaha sudah Anda lakukan namun tidak ada yang berhasil, mungkin sudah saatnya Anda melakukan factory reset. Dengan begini, semua data di ponsel Anda akan terhapus. Perlu diingat, cara ini hanya dilakukan saat Anda tidak tahu lagi apa yang menyebabkan ponsel Anda melambat.

Sebelum melakukan factory reset, Anda harus melakukan backup data ponsel Anda terlebuh dahulu. Pasalnya, mengunduh kembali aplikasi yang pernah Anda gunakan akan sangat memakan waktu jika tanpa melalui menu restore backup.

Melambatnya ponsel Android bukanlah hal yang serius. Berikan beberapa penyegaran untuk ponsel Anda dengan beberapa cara di atas. Jika berhasil, kinerja ponsel Anda akan pulih seperti sebelumnya. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
android,
#
ram,
#
reboot